Home OLAHRAGA MotoGP 2020: Quartararo Bakal Menggila

MotoGP 2020: Quartararo Bakal Menggila

0
SHARE
LEBIH BAIK: Pebalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo diyakini akan tampil lebih baik dibanding tahun 2019 yang menempati posisi lima besar. FOTO: Mgp

BALAPAN MotoGP musim 2020 baru akan dimulai pada Mei 2020, namun kubu Petronas Yamaha SRT optimis pebalap andalannya akan tampil optimal. Apalagi pebalap mereka saat ini didukung motor yang lebih kompetitif.

Keyakinan ini jugalah yang diapungkan pebalap utama Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Dia menilai kinerja motor balapnya tahun ini jauh lebih baik dari musim lalu. Dengan kondisi ini, ia pun optimis menatap perlombaan di MotoGP 2020.

Penilaian ini diutarakan Quartararo usai menjajal kinerja motor anyar Yamaha pada tes pramusim. Dalam tes tersebut, pembalap asal Prancis itu memang mampu menunjukkan penampilan yang begitu apik.

Dalam tes pramusim yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Quartararo bahkan berhasil keluar sebagai yang tercepat. Sementara di tes berikutnya yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, ia berhasil bertengger di urutan kedua dalam hasil keseluruhan tes.

Mendapati hasil ini, Quartararo tentu saja merasa senang. Ia pun berharap kinerja apiknya bisa terus berlanjut saat musim bergulir. Sejauh ini, balapan pembuka dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 3 Mei 2020.

“Kami senang dengan bagaimana pramusim berjalan. Tujuan utama kami dalam tes ini adalah untuk bekerja pada kecepatan balapan kami yang sedikit kurang dari musim lalu,” ujar Quartararo, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Kamis (19/3).

“Saya harap kami bisa memulai musim secepat mungkin. Dengan motor baru, kami telah membuat beberapa kemajuan dibandingkan dengan tahun lalu. Dari tes tampaknya perbedaan akan minim,” tukasnya.

Keyakinan Quartararo bisa menggila musim ini diungkap Team Principal Speed Up Racing, Luca Boscoscuro, soal kiprah mantan pembalapnya tersebut. Boscoscuro percaya bahwa Quartararo bakal menunjukkan performa yang lebih baik di MotoGP musim ini.

Meski banyak yang menyebut performa impresif Quartararo tersebut hanyalah one season wonder. Namun pandangan berbeda diutarakan oleh Boscoscuro soal kiprah Quartararo di MotoGP 2020. Ia percaya bahwa El Diablo –julukan Quartararo– justru bakal semakin garang di musim ini.

“Saat Fabio datang kepada kami, yakni pada akhir 2017, kami langsung lihat talentanya yang besar. Tahun lalu, ia menjalani beberapa balapan hebat, dan ia hanya butuh kemenangan. Tapi dalam beberapa momen, ia bertarung dengan pembalap seperti Marc Marquez,” ucap Boscoscuro.

“Fabio jelas akan terus berkembang. Ia belum ganti tim, jadi ia bekerja dengan kru yang sama, yang membuatnya tenang. Saat baru tiba di tim kami, ia kesulitan karena kurang percaya diri dan tertekan. Tapi akhirnya ia bekerja sangat baik, yakni meraih dua kemenangan, meski yang satunya sirna (diskualifikasi) akibat kesalahan kami (tekanan ban tak sesuai regulasi),” lanjutnya.

“Apakah saya sudah mengira ia akan eksplosif seperti ini? Mungkin tidak, tapi ia langsung tampil kuat sejak awal musim debutnya: start di depan saat di Qatar, juga sangat cepat di Jerez. Untuk tampil baik di MotoGP, Anda butuh talenta dan ia memiliki talenta besar,” tutup pria asal Italia itu. (apw/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here