Home OLAHRAGA Bundesliga 2019/2020 Terancam, Tes Massal, 10 Positif Covid-19

Bundesliga 2019/2020 Terancam, Tes Massal, 10 Positif Covid-19

0
SHARE
TAMBAH: Beberapa klub Bundesliga telah menjalani latihan namun diiringi kabar terpaparnya 10 orang oleh virus corona. FOTO: Net

KEINGINAN Deutscher Fussball-Bund (DFL) atau federasi sepakbola Jerman untuk kembali menggulirkan kompetisi sepakbola di Jerman pada akhir Mei mendapat ancaman langsung dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebanyak 10 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah dilakukan tes massal..

DFL selaku operator kompetisi sepakbola di Jerman mengatakan 10 kasus positif virus corona itu berasal dari dua kasta teratas (Bundesliga dan 2. Bundesliga). Ini bagian setelah konfirmasi dari pihak FC Koln yang mengungkapkan tiga anggota staf mereka dinyatakan terinfeksi virus tersebut pada akhir pekan kemarin.

Rencana untuk melanjutkan kampanye musim ini pada akhir Mei telah ditegaskan oleh pemerintah Jerman, dengan semua jadwal yang tersisa dari musim 2019/20 kemungkinan akan digelar tanpa penonton.

Bundesliga bakal menjadi liga top pertama di Eropa yang akan kembali beraksi di tengah pandemi COVID-19, namun proposal awal menggulirkan kembali liga pada 23 Mei mungkin akan dimundurkan setelah kemunculan kasus baru tersebut.

DFL sendiri mengonfirmasi bahwa 10 orang yang telah dinyatakan positif terpapar COVID-19, sekarang akan kembali menjalani masa karantina selama 14 hari.

Operator liga tersebut juga merilis validasi atas berita tersebut setelah melakukan tes massal terhadap 1724 orang di tengah upaya mereka untuk kembali menggelar kompetisi musim ini.

“Sebagai bagian dari gelombang pertama, total 1724 tes telah dilakukan di 36 klub Bundesliga dan 2.Bundesliga sejak Kamis lalu. Sampel dari pemain dan anggota tim lainnya seperti staf pelatih dan fisioterapis telah diambil dan diperiksa oleh lima laboratorium spesialis di seluruh Jerman,” bunyi rilis DFL.

“Sepuluh kasus infeksi terungkap dan dilaporkan ke otoritas kesehatan. Langkah-langkah seperti isolasi dari orang-orang yang terinfeksi, termasuk diagnostik lingkungan, dilakukan langsung oleh masing-masing klub sesuai dengan protokol dari otoritas kesehatan setempat,” tulis pernyataan DFL.

Selanjutnya, DFL akan menggelar tes massal gelombang kedua guna memastikan lebih lanjut kondisi kesehatan para pemain dan anggota klub lainnya.

Pelaksanaan tes tersebut merupakan bagian dari kesepakatan DFL dengan pemerintah Jerman usai menyerahkan proposal untuk bisa melanjutan kompetisi Bundesliga. Dimana sebelum melakukan latihan persiapan tim peserta diwajibkan melakukan tes buat pemain, pelatih dan staf yang terlibat.

Hal yang sama akan dilakukan saat nanti kompetisi bergulir dimana pemain akan menjalani tes sebelum dan sesudah pertandingan. Ditambah laga dipastikan tanpa kehadiran penonton. (apw/gdc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here