Home TANGERANG HUB Pemkot Tetap Bayar Iuran BPJS

Pemkot Tetap Bayar Iuran BPJS

0
SHARE
IURAN: Pemkot Tangerang tetap membayarkan iuran BPJS Kesehatan kelas III untuk warga PBI di tengah wabah corona. Foto diambil beberapa waktu lalu sebelum penerapan physical distancing. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tetap membayarkan iuran BPJS Kesehatan untuk masyarakat Kota Tangerang yang menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI) kelas III.

Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan, saat ini anggaran masih mencukupi hingga Agustus mendatang.
“Sesuai kebutuhan, sekarang cukup sampai dengan Agustus. Nanti ABT akan ditambah sampai Desember. Intinya, Pemkot Tangerang akan terus berupaya memberikan jaminan kesehatan gratis kepada masyarakat Kota Tangerang walaupun di tengah wabah corona,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Kamis (28/5).

Herman menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala dalam pembayaran iuran ke BPJS Kesehatan. Bahkan, masyarakat yang menggunakan fasilitas kelas III tetap mendapatkan pelayanan yang layak.

“Kami belum mendapat laporan terkait keluhan warga yang tidak bisa menggunakan BPJS PBI, bahkan masyarakat masih tetap menggunakannya. Kita akan cepat mengatasi jika memang ada keluhan dari masyarakat,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspadewi menjelaskan, dengan kondisi di tengah wabah corona, Pemkot Tangerang tetap membayarkan iuran BPJS Kesehatan. Karena masyarakat menjadi prioritas utama dalam pelayanan yang diberikan.

“Anggaran yang baru dapat dianggarkan hingga Juni mencapai Rp 129,9 miliar. Artinya tetap ada pembayaran dan tidak akan ada penunggakan, Pemkot Tangerang tetap memprioritaskan jaminan kesehatan bagi masyarakat,”ungkapnya.

Liza menuturkan, pada 2019 sebanyak 380.599 orang yang mendapatkan BPJS Kesehatan kelas III gratis dengan anggaran sebesar Rp 92 miliar. Di tahun ini, penerima BPJS gratis itu akan mencapai 455.051 orang.

“Jaminan kesehatan masyarakat masih kami tanggung, tidak ada yang namanya membayar ketika memang masyarakat sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan PBI. Jika memang ada yang meminta bayaran, masyarakat diminta untuk melapor dan akan segera kami tindak lanjuti,”tutupnya (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here