Home BISNIS Tetap Produktif Saat Wabah Covid

Tetap Produktif Saat Wabah Covid

0
SHARE
BUDIDAYA: Warga Kampung Anggur Kekurahan Uwung Jaya, tetap produktif dengan membudidayakan lebah. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Wabah corona tidak membuat warga Kampung Anggur berhenti beraktivitas. Mereka tetap produktif dengan hasil unggulan seperti madu dan ikan lele yang dibudidayakan.

Budi Santoso, Ketua RW 03 sekaligus penggagas Kampung Anggur mengatakan, di tengah pandemi corona, seluruh warga Kampung Anggur tetap beraktivitas dengan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, hasil kreativitas warga masih berjalan walaupun virus corona belum selesai.

“Saat ini warga sedang membuat masker kain, masker tersebut ada yang dijual dan juga ada yang disumbangkan kepada wilayah yang membutuhkan. Bahkan, sehari warga membuat masker bisa sampai 200 buah,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres, Kamis (18/6).

Budi menambahkan, untuk madu yang dihasilkan dari budidaya lebah, sejauh ini masih berjalan dengan aman. Karena madu yang dihasilkan dari Kampung Anggur sudah sampai ke beberapa daerah yang ada di Indonesia dan menjadi pelanggan tetap.

“Madu kita ini sudah ada di Kepulauan Riau, Banyuwangi dan Tegal. Ketiga daerah itu menjadi pelanggan tetap dan kami selalu mengirim madu tersebut setiap tiga bulan sekali sesuai waktu panen,”paparnya.

Ia menjelaskan, selama pandemi virus corona tidak ada yang berkunjung untuk wisata dan melihat hasil produksi Kampung Anggur. “Biasanya memang setiap libur ada warga lain datang belajar tentang budidaya lebah dan juga yang lainnya, karena corona tidak ada yang datang. Saya juga selaku ketua RW juga belum membolehkan warga lain masuk ke Kampung Anggur, khawatrir ada penyebaran virus corona,”ungkapnya.

Budi berharap, virus corona cepat usai, warga luar bisa datang untuk wisata dan belajar mengenai apa saja yang ada di Kampung Anggur. Karena dengan kedatangan warga, Kampung Anggur bisa terkenal.

“Kampung ini di buat memang seperti kampung wisata, jadi tidak hanya bisa wisata melainkan edukasi tentang apa saja kami berikan. Kampung Anggur ini juga hasil binaan Polsek Jatiuwung dan juga Pemkot Tangerang,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here