Home TANGERANG HUB BLT Desa Jambe Sudah Disalurkan

BLT Desa Jambe Sudah Disalurkan

0
SHARE
SALURKAN BANTUAN: Camat Jambe, Heru Ultari (kanan) didampingi Kepala Desa Taban, Abidin (kiri) saat penyaluran bantuan langsung tunai dari dana desa di Kantor Desa Taban, kemarin. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa sudah disalurkan 80 persen di Kecamatan Jambe. Hanya dua desa yang belum menyalurkan bantuan yakni, Desa Tiparaya dan Jambe. Adapun bantuan yang disalurkan melalui kantor pos dari kementerian sosial (kemensos) sudah tahap dua dengan kuota sebanyak 547 kepala keluarga (KK).

Camat Jambe, Heru Ultari mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui kantor pos dan penambahan kuota pada tahap kedua. Ia menerangkan, pada tahap pertama bantuan disalurkan melalui PT Pos ke 545 KK.

“Untuk bantuan yang bersumber dari Dana Desa yang sudah masuk 1705 kepala keluarga dari 8 desa. Hanya Desa Tiparaya dan Jambe yang belum. Namun, kedua desa itu minggu ini akan dicairkan bantuan langsung tunainya. Tadi berkasnya sudah saya tanda tangani,” katanya kepada Tangerang Ekspres, kemarin.

Heru menerangkan, bantuan dari pemerintah provinsi Banten sudah memasuki tahap kedua penyaluran dengan total kuota 5.220 kepala keluarga. “Bantuan Covid-19 melalui bank Bjb hanya tinggal menunggu saja dan informasi terkahir tidak lama lagi akan cair,” jelasnya.

Ia melanjutkan, penyaluran buku rekening dan kartu ATM Bank Bjb akan disalurkan kepada calon penerima bantuan Covid-19 di sekolah maun kantor desa.

“Kita akan distribusikan bantuan pemprov Banten di beberapa titik. Saya rencanakn di satu desa itu ada dua hingga titik guna menghindari penumpukan penerima. Kita dapat kuota 5.220 kepala keluarga dibagi 10 desa jadi setiap desa dapat 522 KK,” lanjutnya.

Heru mengungkapkan, warga yang mengikuti program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) sebanyak 906 KK. Adapun, program keluarga harapan (PKH) disalurkan kepada1.901 kepala keluarga.

“Dua program ini sudah rutin setiap bulan dari pemerintah pusat melalui kementerian sosial (kemensos). Semua penerima bantuan kita berika stiker agar tidak tumpah tindih,” ujarnya.

Data yang diterima Tangerang Ekspres, bantuan tunai dari dana desa sudah disalurkan oleh 8 desa. Rincinya, Desa Mekarsari sebanyak 333 KK, Taban mencapai 243 KK, Sukamanah ada 175 KK, Ancol Pasir sebanyak 192 KK, Ranca Buaya sebanyak 110 KK, Kutruk disalurkan kepada 273 KK dan Desa Pasir Barat mencapai 148 KK.

“Dua desa sedang proses dan sudah saya tanda tangani. Kita arahkan warga penerima bantuan agar membeli bahan kebutuhan sembako terlebih dahulu untuk ketahanan pangan,” pungkasnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here