Home TANGERANG HUB Pekerja Bandara Berisiko Terpapar, 1.000 Orang Jalani Test Swab

Pekerja Bandara Berisiko Terpapar, 1.000 Orang Jalani Test Swab

0
SHARE
TEST SWAB: Par pekerja di Bandara Soekarno-Hatta mengikuti test swab untuk mengetahui apakah mereka terpapar virus dari penumpang yang datang dari luar negeri, Rabu (26/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Ribuan pekerja di Bandara Soekarno-Hatta yang berisiko tinggi terpapar Covid-19 menjalani test swab, Rabu (24/6).

Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf mengatakan, dengan test swab tersebut akan ketahuan apakah ada pekerja yang terpapar atau tidak.

“Para petugas yang bekerja di sini, berisiko tinggi karena berhadapan dengan kepulangan WNI dan WNA yang belum tahu statusnya. Makanya kita lakukan test swab untuk memastikan, apakah ada karyawan yang terpapar virus corona,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres.

Anas menambahkan, sudah banyak WNI yang pulang dari luar negeri ternyata positif Covid-19 saat dilakukan tes PCR di Wisma Pademangan.

“Makanya petugas yang bertugas di kedatangan internasional punya risiko tinggi,”paparnya.

Ia menjelaska, dalam pemeriksaan test PCR itu pihaknya menerjunkan sekitar 50 tenaga medis gabungan berasal dari instansi di bawah Kementerian Kesehatan RI.

“Pekerja yang menjadi peserta tes PCR adalah Aviation Security (Avsec) PT Angkasa Pura II, Satgas Gugus Tugas Covid-19, TNI dan Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Ground Handling kedatangan internasional kita libatkan. Kita targerkan sekira 1.000 orang. Hasilnya nanti kurang lebih lima hari sejak tes swab ini,”ungkapnya.

Anas menuturkan, apa bila ada temuan petugas yang positif Covid-19 akan langsung dilakukan protokol kesehatan yakni dikarantina di tempat yang akan ditentukan.

“Kalau positif ada protokol yang harus dijalani. Jangan sampai orang kelihatan sehat tapi positif Covid-19 yang biasa disebut OTG,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here