Home NASIONAL PKM Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Kenalkan Ilmu Dasar Komputer

PKM Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Kenalkan Ilmu Dasar Komputer

0
SHARE

PAMULANG – Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) yang saat ini sudah berkembang pesat diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, khususnya dikalangan para santri.

Sadar akan pentingnya pemanfaatan IT di pesantren, tiga dosen dan dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Universitas Pamulang melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pesantren Nafidatunnajah, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor yang berlangsung pada 4 Juli 2020.

Kegiatan yang menghadirkan tiga dosen diantaranya Dani, M.Kom., Herwis Gultom, M.Kom., Candra Alim, M.Kom, dan dua mahasiswa diantaranya Muhammad Rifa’i dan Muhamad Ridho, memberikan pemaparan tentang Microsoft Excel 2016, kepada 30 orang santri dan santriwati di Pesantren Nafidatunnajah.

Salah seorang peserta PKM Universitas Pamulang, Muhammad Rifa’i menjelaskan, kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama dengan para guru dan juga pimpinan Pesantren Nafidatunnaja.

“Tanpa adanya persetujuan dari pihak guru dan pimpinan Pesantren Nafidatunnaja, maka kegiatan ini tidak akan terlaksana,” tegas Rifa’i, dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Tangerang Ekspres, Kamis (9/7).

Sementara itu, Candra Alim, seorang dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang menjelaskan, tentang pengenalan mengenai microsoft excel 2016, serta fitur-fitur atau tampilan microsoft excel 2016.

“Kita berharap melalui pengenalan sekaligus pembelajaran ini, membuat pelajar di Pesantren Nafidatunnajah, memiliki pengalaman baru dan pengetahuan tentang komputer, semoga bermanfaat dalam mengantarkan para pelajar generasi muda pesantren yang unggul dan modern,” ucap Candra.

Kemudian, Herwis Gultom menjelaskan, tentang manfaat microsoft excel dan penggunaan rumus rumus microsoft excel. Herwis mengajak para santri dan santriwati Pesantren Nafidatunnajah melakukan praktik secara langsung. Mereka diarahkan membuat tabel nilai menggunakan laptop yang sudah disediakan, dan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan melalui proyektor.

Dalam kegiatan PKM ini, para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang berbagi wawasan, pengetahuan dan pengenalan ktentang manfaat microsoft excel 2016, serta cara mengelolah data di microsoft excel dengan baik.

Ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah,S.E.,M.M. Memaparkan, kegiatan ini salah satu bentuk pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan juga merupakan bentuk latihan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di Perguruan Tinggi. Serta memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Dengan kegiatan PKM ini, diharapkan dapat memberikan nilai yang positif untuk para pengajar Pesantren Nafidatunnajah dan santri untuk mendapatkan pengetahuan lebih, mengenai microsoft excel dan memanfaatkannya dengan baik.

“Semoga akan memberikan banyak manfaat bagi tenaga pengajar maupun para santri dan santriwati di Pesantren Nafidatunnajah,” ungkap Ali.

Untuk itu, Ali mengucapkan terimakasih kepada Kiai Haji Munawir, selaku Pimpinan Pesantren Nafidatunnajah, yang telah memberikan waktu dan tempat bagi mahasiswa dan dosen Universitas Pamulang, dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan semoga apa yang sampaikan bermanfaat dan berguna bagi Pesantren Nafidatunnajah. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here