Home TANGERANG HUB HUT RI ke-75 Akan Sederhana

HUT RI ke-75 Akan Sederhana

0
SHARE
HUT RI ke-75 Akan Sederhana
PENGUKUHAN: Paskibra Kabupaten Tangerang saat dikukuhkan sebagai petugas pengibar bendera upacara HUT RI tingkat Kabupaten Tangerang. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 di Kabupaten Tangerang akan tetap diselenggarakan. Berbeda dari tahun sebelumnya yang digelar cukup meriah, namun di tahun ini akan digelar dengan cara sederhana.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Ahmad Surya Wijaya mengatakan, pelaksanaan HUT RI ke-75 di wilayah Kabupaten Tangerang mengacu pada Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-492/m.sesneg/set/TU.00.04/07/20.

“Tetap diselenggarakan, namun dengan konsep acara yang sederhana. Tentunya tidak akan sama pada tahun sebelumnya yang sudah dipastikan akan meriah,” ujar Surya, Senin (20/7).

Ia menambahkan, rangkaian persiapan pelaksanaan HUT RI ke-75 tingkat Kabupaten Tangerang, mulai dari gladi resik upacara pengibaran dan penurunan bendera 13 dan 14 Agustus 2020, upacara pengukuhan petugas upacara, upacara renungan suci, upacara kenaikan bendera dan upacara penurunan bendera.

“Pelaksanaan HUT RI ke-75 kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran pendemi Covid-19,” ungkap Surya, yang ditemui di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, tidak ada prosesi devile pasukan dalam upacara pengibaran bendara merah putih tahun ini. Dipastikan, pelaksanaan upacara akan berlangsung dengan konsep sederhana dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Panitia juga menyiapkan satu ruang transit untuk kalangan terbatas,” tegas Surya.

Surya menambahkan, pengibaran bendera akan dilakukan oleh petugas pengibar bendera merah putih terpilih, pramuka serta menggunakan display kendaraan tempur. “Saat ini kita masih membahas pada tahap persiapan,” ucapnya.

Meski upacara HUT RI tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana, namun tidak akan mengurangi rasa khidmat. Justru Surya meyakini, dengan kesederhanaan ini, akan menambah rasa haru tentang perjuangan para pahlawan yang telah mengusir para penjajah.

“Kesederhanaan yang akan kita tampilkan, justru akan menambah nilai-nilai bagaimana para pahlawan saat berjuang dalam mengusir para penjajah,” ucap Surya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here