Home TANGERANG HUB Dua Karyawati Positif Covid-19, Aeon Mall Ditutup Seminggu

Dua Karyawati Positif Covid-19, Aeon Mall Ditutup Seminggu

0
SHARE
Aeon Mall Ditutup Seminggu
PENUTUPAN MALL: Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyied (kanan) memimpin penutupan Aeon Mall di Kecamatan Pagedangan setelah dua orang karyawati dinyatakan positif terpapar Covid-19, Kamis (6/8). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

PAGEDANGAN-Pemkab Tangerang mengambil tindakan tegas terhadap Aeon Mall. Menutup pusat perbelanjaan megah dan besar yang berada di wilayah Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Lantaran, dua karyawati Management Office Aeon Mall, positif terpapar Covid-19. Satpol PP Kabupaten Tangerang bersama tim Gugus Tuga Percepatan Penanggulangan Covid-19 yang dipimpin Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyied, Kamis (6/8). Mal ditutup sementara sepekan, mulai 6 Agustus hingga 13 Agustus.

Rudy Maesyal (panggilan Moch. Maesyal Rasyied) memaparkan, akan mengevaluasi persiapan manajemen Aeon Mall, sebelum diizinkan kembali beraktivitas. “Sesudah selesai penyemprotan disinfektan, nanti kita akan lihat perkembangannya seperti apa. Ada kasus baru atau tidak, kita lihat saja perkembangannya,” katanya kepada awak media di Aeon Mal. Diketahui, penutupan berawal dua orang karyawati Aeon Malll dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan swab mandiri di rumah sakit. Keduanya bertempat tinggal di Kota Tangerang dan Kota Tangsel.

Rudi Maeysal menerangkan, pasien terpapar bekerja sebagai karyawan pengelola mal, bukan pengunjung. Ia menjelaskan, ruang tenant tempat pengunjung terpisah dengan kantor pengelola mal dengan jumlah karyawan 26 orang.

“Semua karyawan yang pernah kontak dengan pasien positif, telah kita swab dengan hasil negatif. Adapun yang positif, dirawat di RSUD Kota Tangerang dan satu lagi isolasi mandiri karena tanpa gejala,” paparnya. Usai penutupan, selama tiga hari kedepan, dinas kesehatan akan melakukan rapid test terhadap semua pekerja di Aeon Mall. Mulai dari satpam hingga tukang sapu. Kuota yang disediakan sebanyak 1.200 rapid test.

“Pokoknya semua yang beraktivitas di sini kita rapid test. Pengelola mal wajib menyediakan handsanitizer di setiap pintu. Semua wajib mengenakan masker dan pengunjung mal dibatasi maksimal 35 persen dari jumlah kapasitas,” jelasnya.

Ketika ditanyai perihal pencegahan transmisi lokal, Maesyal menuturkan, secara geografis Kabupaten Tangerang berbatasan dengan Jakarta, Kota Tangerang dan Kota Tangsel. Ia menegaskan, pemerintah sudah menerapkan keharusan warga mematuhi protokol Covid-19. Menurutnya, kebijakan tersebut dapat menghambat kasus transmisi Corona lokal. “Pasti banyak masyarakat yang keluar masuk Tangerang selama beraktivitas. Kita imbau warga agar mematuhi protokol kesehatan guna mencegah transmisi covid lokal,” ujarnya.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmidzi mengatakan, belum bisa memastikan klaster penularan di Aeon Mall sebagai kasus transmisi lokal. Ia menuturkan, sudah melakukan tracing dengan swab test terhadap pegawai manajeman mal. “Belum bisa dipastikan, karena pasien positif bukan tinggal di wilayah kita. Kemungkinan tidak ada kasus lokal. Karena karyawan manajeman hasilnya negatif. Tidak jelas penularannya dari mana,” pungkasnya.

Pantauan Tangerang Ekspres di lokasi, yang ditutup hanya pintu masuk ke gedung mal saja. Namun, pintu masuk parkir masih buka. Pintu masuk gedung mal tidak ada stiker atau tanda ditutup. Sedangkan di gerbang pintu masuk kendaraan ada satpam yang berjaga. Bila mau masuk ditanya keperluannya. Bila bukan karyawan tidak diperbolehkan masuk. Public Relation of Aeon Mall, Juju mengatakan, sejak menajemen mendapat kabar ada karyawan yang terinfeksi Covid-19, langsung melaporkan kepada pemerintah. “Dari kita, sesuai dengan kode etik Aeon Mall kita akan mengikuti regulasi pemerintah. Apapun tentang regulasi pemerintah kita ikuti. Yang utama bagi kita adalah, prioritas keselamatan costumer,” ujarnya. Juju menambahkan, lantaran prioritas utama adalah keselamatan costumer maka manajemen Aeon Mall langsung melaporkan kejadian itu ke pemerintah. “Dua orang yang positif Covid-19 ini karyawan Management Office yang berhubungan dengan costumer,” tambahnya. (asp/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here