Beranda TANGERANG HUB Perpustakaan Kecamatan Belum Dirasakan

Perpustakaan Kecamatan Belum Dirasakan

0
BERBAGI
Perpustakaan Kecamatan Belum Dirasakan
SEPI PENGUNJUNG : Perpustakaan yang ada di Kantor Kecamatan Batuceper terlihat sepi, hal tersebut dipertanyakan komunitas Literasi Kota Tangerang, Selasa (25/8). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Keberadaan perpustakaan yang berada di Kantor Kecamatan, di pertanyakan komunitas Literasi Kota Tangerang karena kondisinya yang tidak layak dan sepi peminat.

Farhan salah satu penggiat Literasi mengatakan, perpustakaan yang di kantor kecamatan harusnya bisa dirawat dan bisa menarik masyarakat untuk menjalkan program Pemkot Tangerang mengenai literasi.

“Kalau kami lihat, kondisinya sangat parah. Ruangan berdebu dan tidak ada yang menjaga, harusnya Kecamatan atau dinas terkait bisa melakukan upaya perawatan dan menjalankan program literasi kepada masyarakat,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Perpustakaan Daerah Kota Tangerang, Selasa (25/8).

Farhan menambahkan, selain kondisinya yang tidak terawat, buku yang ada tidak di upgrade. Padahal Walikota Tangerang, beberapa waktu lalu mencangkan program literasi untuk masyarakat.

“Dengan adanya perpustakaan di kantor Kecamatan, program literasi bisa berjalan. Tetapi nyatanya tidak berjalan dengan baik, bahkan program literasi tidak terlihat di Kota Tangerang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Sayuti menjelaskan, untuk perpustakaan di Kecamatan harusnya pihak Kecamatan mengelolanya agar program literasi bisa berjalan.

“Saat ini ada beberapa Perpustakaan di kantor Kecamatan yakni Kecamatan Jatiuwung, Kecamatan Batuceper dan Kecamatan Cipondoh. Sisanya masih dalam progres,”ungkapnya.

Sayuti menuturkan, mengenai masalah buku sejauh ini masih terus dilakukan upgrade, dengan cara di tambah atau di silang dari perpustakaan ke perpustakaan yang ada di Kecamatan.

“Kalau mengenai giat leterasi di Kecamatan itu wewenang masing-masing Kecamatan. Kita hanya mensuport kebutuhan apa saja yang diperlukan perpustakaan di kecamatan,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here