Beranda TANGERANG HUB Sejak Berdiri, RLC Pulangkan 570 Pasien Covid-19

Sejak Berdiri, RLC Pulangkan 570 Pasien Covid-19

0
BERBAGI
Sejak Berdiri, RLC Pulangkan 570 Pasien Covid -19
LEPAS PASIEN: Walikota Airin Rachmi Diany melepas pasien covid-19 di halaman Rumah Lawan Covid-19 di Tandon Ciater, Serpong, beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Pemkot Tangsel berupaya keras dalam menangani kasus Covid-19 sejak virus ini muncul dan telah menelan korban jiwa dalam jumlah besar. Upaya yang dilakukan tidak hanya oleh Pemkot namun, stake holder lainnya juga terlibat.

Upaya keras tersebut akhirnya menuai hasil, dimana tingkat kesembuhan penderita Covid-19 semakin banyak.

Koordinator Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, RLC Kota Tangsel telah merawat 656 orang pasien Covid-9 sejak pertengahan April 2020 lalu.

Dari jumlah tersebut ada 570 pasien yang sudah sembuh, sisanya masih menjalani masa isolasi dan perawatan medis.

“Perlu disampaikan juga sampai saat ini RLC Kota Tangsel sudah merawat 656 pasien dan yang sudah pulang 570 orang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres Jumat (16/10).

Suhara menambahkan, ratusan orang yang telah sembuh dan telah pulang tersebut mendapat perawatan dan isolasi lima smapai empat belas hari. Masa waktu pasien menjalani masa perawatan dan isolasinya tersebut dilihat berdasarkan perkembangan imunitas tubuh maupun diagnosa setiap orang.

Sampai akhirnya pasien tersebut akan dinyatakan sembuh ataupun melanjutkan perawatan medis secara intensif bila dibutuhkan. “Kami merujuk ke RSU Tangsel untuk memeriksa rontgen paru-paru dan pemerintahan darah lengkap,” tambahya.

Mantan Direktur RSU Kota Tangsel ini mengungkapkan, setelah diperiksa di RSU maka dokter konsultan akan memutuskan apakah yang bersangkutan masih bisa di karantina di RLC atau harus dirawat ke RSU atau rumah sakit lain.S

ampai saat ini RLC Kota Tangsel masih mencatat puluhan orang yang menjalani masa perawatan dan isolasinya. “Jadi sampai Sabtu (17/10) yang dirawat di Rumah Lawan Covid ada 61 orang,” tutupnya.

Sementar itu, Satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19 mengumumkan penambahan 51 kasus positif Covid-19 pada Jumat (16/10). Dengan adanya lonjakan penambahan kasus tersebut, total kasus positif Covid-19 di Kota Tangsel sampai Jumat lalusudah mencapai 1.408 kasus.

Penambahan 51 kasus tersebut lebih besar daripada biasanya.

Selama sepekan terakhir, penambahan kasus baru Covid-19 di Kota Tangsel paling banyak 35 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.261 pasien dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan bertambah 25 orang dari data terakhir pada Kamis (15/10).
Sementara angka kematian akibat positif Covid-19 di Kota Tangsel bertambah dua orang menjadi 72 kasus.

Saat ini, terdapat 75 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat atau isolasi mandiri.

Jumlah kasus suspect yang masih dirawat sebanyak 43 orang dan probable aktif tercatat 10 orang. Dua kelurahan di Kecamatan Pamulang masih menjadi wilayah dengan angka kasus Covid-19 tertinggi di Kota Tangsel.

Pertama adalah Kelurahan Pamulang Barat dengan total 138 kasus. Disusul Kelurahan Pondok Benda sebanyak 72 kasus positif Covid-19. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here