Home TANGERANG HUB 400 KK Warga Desa Muara Langganan Banjir Rob

400 KK Warga Desa Muara Langganan Banjir Rob

0
SHARE
Desa Muara Langganan Banjir Rob
BANJIR ROB: Sejumlah aparatur pemerintah desa mengukur jalan saat sedang banjir ron di Kampung Muara, Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, belum lama ini. FOTO: Pemerintah Desa Muara for Tangerang Ekspres

TELUKNAGA – Ratusan warga di Kampung Muara, Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang terancam Banjir Rob. Setidaknya, ada empat RT di Desa terserbut yang rutin terendam banjir rob yang meliputi RT 19/07, RT 20/08, 21/08 dan RT 22/08. Mereka hanya pasrah saat banjir rob merendam pemukiman warga, yang biasanya bisa mencapai dua kali dalam satu bulan.

Sabar, seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan, banjir rob diakibatkan permukaan air laut yang naik ke daratan melalui Kali Muara yang berdampingan dengan pemukiman. Menurutnya, solusi meminimalisir banjir rob adalah dengan menormalisasi kali muara yang hingga saat ini belum dapat terlaksana.

“Kalau meninggikan tanggul di sisi kanan kiri Kali Muara mungkin bisa meminimalisir,” paparnya, kepada Tangerang Ekspres, di lokasi Kali Muara, Kamis (22/10).

Sabar mengaku, dari data yang ia tau, saat banjir terjadi terkadang ketinggianya bisa mencapai 50 centimeter dan bahkan bisa lebih. Dikatakanya, ada sekitar mencapai 400 KK di empat ke-RT-an selalu terkena banjir rob.

“Itu kalau lagi tinggi-tingginya banjir rob, bisa kadang warga kerepotan,” ungkap Sabar.

Pria yang berdomisili di Kampung Muara, RT 19/07, Desa Muara, Kecamatan Teluknaga ini menuturkan, banjir rob rutin terjadi 2 kali dalam sebulan. Bahkan bisa lebih dari 2 kali dalam sebulan. “Jadi kami memohon bantuanya dari pemerintah ataupun swasta untuk menyelesaikan persoalan banjir rob ini,” harapannya.

Sementara itu, Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan dan Pembangunan Desa Muara Aripin mengatakan, akan segera menormalisasi Kali Muara yang menuju Sungai Tahang. “Dengan adanya normalisasi, kami menginginkan tidak ada lagi banjir rob. Normalisasi ini kami akan melibatkan warga dan pihak swasta,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Muara Sarwadi berharap, apabila kali selebar 3 meter dan panjang sekitar 1,5 kilometer di alamat tersebut dinormalisasi, maka akan meminimalisir banjir rob. “Bahkan mudah-mudahan tidak ada lagi banjir rob di Desa Muara,” pungkasnya. (zky/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here