Home TANGERANG HUB Tekan Volume Sampah, DLH Kembangkan Biomassa

Tekan Volume Sampah, DLH Kembangkan Biomassa

0
SHARE
Tekan Volume Sampah, DLH Kembangkan Biomassa
PENGELOLAAN: Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, sedang mengembangkan sistem Biomassa untuk menekan volume sampah di TPA Rawa Kucing dan Kota Tangerang. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Untuk mengurangi sampah di Kota Tangerang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang melakukan percobaan pengembangan Biomassa dari sampah organik.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pengembangan ini dapat menekan penumpukan sampah organik seperti dari Pasar dan sampah rumah tangga.

“Saat ini sedang dilakukan oleh DLH. Kedepan kita akan kembangkan untuk bisa menekan adanya penumpukan sampah. Nantinya, akan dikembangkan ke masyarakat agar bisa mengurangi sampah rumah tangga,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Puspemkot, Kamis (22/10).

Arief menambahkan, dengan cara Biomassa tentunya bisa juga mengurangi sampah yang ada di TPA Rawa Kucing, karena jika dibiarkan dan tidak ada penanganan usia TPA Rawa Kucing sangat singkat.

“Berbagai cara kita lakukan penanganan sampah, hal itu untuk memperpanjang usia TPA Rawa Kucing. Kalau kita biarkan, maka sampah akan menumpuk dan sampah dari masyarakat tidak bisa di buang disana,”paparnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya dengan Biomassa, saat ini DLH juga sudah membimbing beberapa kelompok masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah sebelum dibuang ke TPA Rawa Kucing.

“Beberapa kelompok masyarakat, saat ini sudah melakukan pemilahan sampah. Pemilahan sampah tersebut selanjutnya bisa di buat kerajinan tangan dan juga bisa digunakan untuk mempercantik lingkungan,”ungkapnya.

Arief meminta, tidak hanya kelompok masyarakat saja, seluruh elemen masyarakat harus bisa bersama melakukan pengolahan sampah mandiri. Dengan cara itu, bisa menekan volume sampah.

“Saya rasa semua elemen masyarakat bisa, tinggal bagimana masyarkaat itu sendiri. Jika volume sampah bisa kita tekan, usia TPA Rawa Kucing bisa panjang dan tidak ada penumpukan sampah,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here