Beranda HUKUM Operasi Keselamatan Jalan Digelar Dua Pekan Tiga Ruas Jalan Jadi Target Sasaran

Operasi Keselamatan Jalan Digelar Dua Pekan Tiga Ruas Jalan Jadi Target Sasaran

0
BERBAGI

TangerangEkspres – Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel menggelar Operasi Keselamatan 2023 mulai 7-20 Februari mendatang. Sebagai tanda dimulainya operasi dilaksanakan apel gelar pasukan di lapangan Mapolres Tangsel, Selasa, 7 Februari 2023 pagi.

Hadir dalam apel tersebut adalah Kapolres Tangsel AKBP Faisal Frebrianto, Waka Polres Tangsel Kompol Yudi Permadi, PJU Polres Tangsel, Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman, kapolsek jajaran dan lainnya. Bertindak sebagai Inspektur apel adalah Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie.

Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman mengatakan, Operasi Keselamatan 2023 dilaksanakan dari 7-20 Februari mendatang di wilayah hukum Polres Tangsel. “Operasi ini mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” ujarnya kepada TANGERANG EKSPRES.CO.ID, Selasa, 7 Februari 2023.

Dicky menambahkan, kegiatan Operasi Keselamatan 2023 dilakukan untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas. Juga diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban kecelakaan, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas. Dengan begitu, diharapkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bisa terwujud,” jelasnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Tangsel Iptu Heri Sulistyono mengatakan, operasi dilaksanakan dengan mengedepankan preemptif, peeventif dan edukasi kepada masyarakat terkait keselamatan berlalulintas di jalan raya.

“Termasuk kita berikan imbauan kepada masyarakat melalui komunitas kendaraan seperti ojol. Kita mendatangi sekolah untuk memberitakan sosialisasi dan pemahaman tentang edukasi tertib berlalulintas di jalan raya,” ujarnya.

Heri menambahkan, imbauan yang diberikan terkait keselamatan berlalu lintas di jalan raya, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. “Intinya terkait dengan mengendarai kendaraan di jalan raya utamakan keselamatannya. Yang tidak pakai helm diimbau untuk pakai helm, kita berikan teguran lisan dan teguran tertulis kepada pengguna jalan yang melanggar,” tambahnya.

Masih menurutnya, target operasi ada ditiga jalan utama, yakni Jalan Raya Serpong, Jalan Pahlawan Seribu dan Jalan Letnan Soetopo. Tiga lokasi itu dipilih karena terjadi banyak pelanggaran lalu lintas, yakni tidak menggunakan helm dan melawan arus. “Dalam operasi ini kita melibatkan sekitar 95 personil lantas,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, operasi Keselamatan Jaya 2023 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalan berlalu lintas. “Operasi kali ini akan berlangsung selama dua pekan, mulai dari 7 sampai 20 Februari,” singkatnya. (*)

Reporter : TRI BUDI

Editor: Endang Sahroni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here