Home HUKUM 24 Juta Perempuan Masih Trauma

24 Juta Perempuan Masih Trauma

0
SHARE

Jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia masih cukup tinggi. Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise, hingga saat ini ada 24 juta perempuan di seluruh Indonesia masih trauma atas kasus kekerasan serta pelecehan yang menimpamya.

Sedangkan untuk anak-anak, datanya masih disensus Badan Pusat StatistiK (BPS). “Kami bekerja sama dengan BPS untuk mengumpulkan data kasus kekerasan serta pelecehan terhadap anak. Hasilnya tahun depan sudah ada,” kata Menteri Yohana di sela-sela acara Puspa 2017 di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (27/8).

Yohana menambahkan, ada peningkatan partisipasi masyarakat untuk menekan angka kekerasan terhadap anak. Bila sebelumnya kasus kekerasan terhadap anak disembunyikan karena faktor malu dan lainnya, kini banyak yang mau melapor.

“Saya punya impian kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak ada lagi. Demikian juga perdagangan perempuan dan anak. Saya ingin kesenjangan ekonomi untuk perempuan berkurang,” ujarnya. Untuk mencapai itu, lanjut Yohana, masyarakat harus terlibat. Jangan malu atau takut melapor bila mendapatkan pelecehan seksual dan kekerasan. Semakin takut melapor, pelaku akan bebas melakukan tindakan kejahatannya. “Undang-undang sudah dibuat untuk melindungi anak dan perempuan. Tinggal partisipasi publik yang sangat dibutuhkan,” tandasnya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here