Home NASIONAL Janjikan Gempa Bumi di DPR

Janjikan Gempa Bumi di DPR

0
SHARE

Meski baru pertama kalinya ikut Pemilu di 2019 nanti, Partai Solidaritas Indonesia (PSI)? memiliki target yang cukup lumayan fantastis, yakni meraih 4 persen kursi di DPR. Ketua Umum PSI, Grace Natalie mengatakan, harapan partainya tidak muluk-muluk. Apalagi sebagai partai baru. Namun, mantan presenter TV itu menegaskan kader-kadernya yang duduk di DPR akan punya sikap mengedepankan rakyat dalam setiap tugasnya.

“Jadi 4 persen itu hanya sekitar 20 orang wakil rakyat. Justru PSI punya 20 orang saja yang melakukan tugas bisa bikin gempa bumi di parlemen,” ujar Grace saat ditemui di kawasan Gajah Mada, Jakarta, akhir pekan kemarin. Misalkan, kalau rapat paripurna hadir semua, datang dengan kesadaran penuh bukan tidur apalagi buka situs porno.

Begitu juga jika melakukan kunjungan kerja, harus jelas pertanggungjawabannya dan transparan. “Ya, terbuka dan bertanggungjawab. Jadi silakan bisa dibuka laporan keuangannya agar tahu selama reses ngapain saja,” tambahnya. Oleh sebab itu, Grace mengklaim apabila PSI mendapat 4 persen di DPR maka setiap pekerjaan anggota dewan akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, Grace juga mengaku tidak peduli nantinya partai yang dipimpinya akan dikucilkan. Karena tidak memiliki banyak kader yang menjadi anggota dewan.? Pasalnya, lanjut Grace, fokus PSI adalah memperbaiki tugas dan fungsi kedewanan yang saat ini masih dianggap kurang. “Kami (PSI) siap menjadi alien, siap dikucilkan, siap jadi orang aneh juga,” katanya.

Saat ini yang dilakukan PSI hanya bisa berharap lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga setelah itu bisa fokus kepada target perolehan kursi Pileg di 2019 nanti. “PSI optimis bisa melalui verifikasi KPU dan dinyatakan lolos,” ungkapnya.
Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) membuka kesempatan putra-putri terbaik bangsa yang ingin berjuang melawan korupsi dan intoleransi maju menjadi calon wakil rakyat. “Kami ingin menyegarkan parlemen, mengisinya dengan orang orang bersih dari berbagai latar belakang profesi yang berkomitmen memperbaiki Indonesia dengan ide-ide baru dan kreatif,” kata Grace di kantornya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (27/8).

Grace menjelaskan, penjaringan calon wakil rakyat PSI dijamin bebas dari praktik pungutan dan korupsi. Prosesnya akan berlangsung transparan dan menghadirkan tim panel independen, seperti mantan pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, akademisi Universitas Indonesia Hamdi Muluk, entrepreneur muda yang sukses di industri kreatif Wishnutama Putra.

Kemudian Jaleswari Pramodhawardani, lalu mantan Komisioner Komnas Perempuan Neng Dara Afifah dan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik Sri Budi Eko Wardhani. Para panelis ini akan ikut memberikan masukan dengan terjun langung menguji kandidat yang akan mendaftarkan diri menjadi calon anggota DPR melalui PSI.

Tim panel independen juga akan dibentuk di setiap provinsi, kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, yang terdiri dari tokoh atau aktivis lintas agama, aktivis antikorupsi dan akademisi. Mereka akan menguji kapasitas dan kapabilitas serta komiten antikorupsi dan antiintoleransi calon anggota legislatif PSI.

“Saya tidak punya hak veto menentukan, kami hanya menyiapkan mekanisme dan sistem. Tim panel juri yang akan menentukan nanti layak atau tidak peroleh tiket dari PSI atau tidak,” kata Grace. (jpg/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here