Home TANGERANG HUB Taman Masih Minim Penjagaan

Taman Masih Minim Penjagaan

0
SHARE

TANGERANG–Dinas Pertamanan Kota Tangerang sedang mengajukan perubahan jumlah pengamanan di Ruang Terbuka Hijau (RTH). Ini dikarenakan Kota Tangerang baru mencapai 12 persen target RTH dari capaian target 30 persen dan jumlah penjaga taman sebanyak 25 orang.

Namun, Kepala Bidang Pertamanan Kota Tangerang, Tihar mengeluhkan belum semua warga menyadari kehadiran petugas taman. Selain itu, minimnya jumlah personel petugas taman dan luasnya taman menjadi salah satu kendala yang dialami pihaknya.

“Beberapa waktu yang lalu kita berhasil menangkap dua oknum yang mengaku sebagai petugas taman dan meminta sejumlah uang untuk biaya berkunjung. Itu sudah salah besar karena masuk taman gratis. Apalagi yang minta itu mengaku sebagai petugas taman,”pungkasnya saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

Ia menambahkan, saat ini Kota Tangerang memiliki 153 RTH dan 26 Taman Tematik. Masing-masing RTH dan taman tematik dijaga oleh 3 orang petugas taman yang bekerja dalam waktu 3 shift.“Shift pertama dari jam 8 pagi sampai 4 sore, lanjut lagi jam 4 sore sampai jam 12 malam dan jam 12 malam sampai jam 8 pagi,”tuturnya.

Untuk petugas taman sendiri memang sengaja difokuskan di area taman. Itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung taman. Sementara untuk parkir, diluar tanggung jawab petugas taman.“Sebenarnya, konsep taman di Kota Tangerang itu kita buat terintegrasi atau berhubungan satu sama lain. Itulah makanya kenapa tidak semua taman memiliki lahan parkir,”imbuhnya.

Jadi, lanjut Tihar, warga yang hendak berkunjung ke Taman Potret misalnya, bisa memarkirkan kendaraannya di Mall Tangcity atau parkir di tempat lain yang ada parkiran. Kemudian bisa berjalan kaki mengunjungi taman-taman yang lain seperti Taman Bambu dan Taman Kupu-kupu. “Jadi tidak hanya satu taman saja, melainkan dua atau tiga taman sekalian yang dikunjungi,”tambahnya.  (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here