Home OLAHRAGA Duo Pesilat Tuan Rumah Tatap Juara

Duo Pesilat Tuan Rumah Tatap Juara

0
SHARE

SERANG – Dua pesilat Kota Serang yakni Ayu dan Erlangga berhasil melaju ke babak final Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat U-23 Banten 2017. Hasil ini didapat setelah pada babak semifinal mengalahkan lawan-lawannya di GOR Gedung Gelanggang Remaja (GGR), Ciceri, Kota Serang, Jumat (8/9) sore.

Ayu yang turun di nomor laga kelas B putri menang telak atas Ita asal Kabupaten Pandeglang. Sementara Erlangga yang tampil di kelas F putra mengalahkan Indra Kelana dari Kota Tangsel, 4-1.

Di partai puncak yang akan dihelat di lokasi yang sama pada hari ini, Ayu akan berhadapan dengan pesilat Robiani dari Kabupaten Tangerang. Sedangkan Erlangga bertemu pesilat Yuda asal Kabupaten Lebak. Sekadar diketahui, secara keseluruhan ada lima pesilat Kota Serang yang tampil di babak empat besar nomor laga.

Namun hanya Ayu dan Erlangga yang berhasil melenggang ke final. Sementara tiga rekannya yakni Muhammad Sahril kelas A putra, Achrijal kelas B putra, dan Aldira kelas D putra gagal mengikuti jejak Ayu dan Erlangga.

Dengan dua pesilat ini Kota Serang berpeluang mempersembahkan dua keping emas dari nomor laga. Tak hanya itu, Kota Serang juga masih memiliki kans untuk mendapatkan juara dari nomor seni tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri.

Pelatih pencak silat Kota Serang Joko Suprihatno mengatakan, keberhasilan Ayu dan Erlangga diluar dugaan. Pasalnya, kedua pesilat ini tak diunggulkan untuk mendulang juara.

“Ayu dan Erlangga ini pendatang baru. Baru bergabung sekitar dua mingguan. Pengalaman mereka masih minim. Justru kami menaruh harapan kepada Muhammad Sahril kelas A putra, Achrijal kelas B putra, dan Aldira kelas D putra. Tak disangka justru mereka yang tersingkir. Sahril kalah karena teknik fundamentalnya belum menguasai, sedangkan Achrijal karena cedera sehingga penampilannya dibawah performa,” kata Joko, ditemui di sela-sela kejuaraan.

Meski begitu, ia tetap optimistis Ayu dan Erlangga memiliki asa menggapai prestasi untuk Kota Serang. Kondisi mentalnya tengah on fire menyusul kemenangan hari ini.

“Robiani atlet Pra PON kemarin. Cuma ada cela di staminanya. Paling dari situ akan kami manfaatkan untuk mendapatkan poinnya. Kalau Ayu kondisinya fit saya yakin dia bisa mengalahkan Robiani asalkan dia tampil habis-habisan. Untuk Erlangga juga peluangnya fifty-fifty. Karena secara pengalaman teknik dan pengalaman Yuda di atas Erlangga. Tapi kalau Erlangga kondisinya dan tampil prima, saya yakin dia bisa mengalahkan Yuda,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Serang Udra Sengsana mengapresiasi atas keberhasilan menembus laga puncak. Ia berpesan agar para pesilat Kota Serang menjaga daya tahannya untuk menghadapi pertandingan pamungkas.

“Ini patut disyukuri karena teman-teman telah berjuang. Bagi yang belum beruntung jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan pada ajang lainnya. Sementara bagi yang lolos ke final saya berharap istirahat yang cukup supaya di final tampil prima,” tutur Udra. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here