Home OLAHRAGA BERGEMA HINGGA DESA

BERGEMA HINGGA DESA

0
SHARE

KIRAB Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) IV Tangerang etape ketiga, Rabu (20/9) untuk sementara dinilai sebagai yang paling meriah. Tidak hanya itu semangat porkab yang digelorakan melalui kirab gaungnya terasa hingga masyarakat pedesaan di Kabupaten Tangerang.

Diawali dari Kecamatan Mekarbaru, suasana meriah langsung terasa. Peserta kirab memulainya dengan melakukan upacara di kantor kecamatan, Rabu (20/9) pagi.

Pada sambutan upacara Kepala Bidang Olahraga Disporbudpar Kabupaten Tangerang H. Wahyu Suryana menyatakan kirab adalah rangkaian pelaksanaan Porkab sebagai sosialisasi kegiatan yang dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Kelapa Dua, Pagedangan dan Curug, 7 hingga 14 Oktober 2017.

“Kami juga ingin menyampaikan bahwa Pemkab Tangerang fokus dalam membangun olahraga dan itu menjadi kebijakan bapak Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Dan kebijakan beliau mendapat pengakuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan ditetapkan sebagai pembina penerima penghargaan olahraga berprestasi Tahun 2017 atas kiprahnya dalam membangun infrastruktur olahraga,” ungkap Wahyu.

Kirab di Mekarbaru diikuti ratusan warga mulai dari pegiat olahraga, pelajar dan guru di kecamatan yang terletak di daerah perbatasan dengan Kabupaten Serang itu. Peserta dengan ceria melakoni kirab.

Seusai melakukan upacara, peserta kirab berjalan kaki dari kantor kecamatan Mekarbaru menuju perbatasan Kecamatan Gunung Kaler. Mereka melintasi jalan beton yang membelah persawahan dan pemukiman warga yang sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Para peserta kirab juga melalui stadion mini Mekarbaru yang sedang dalam proses pembangunan.

Tak lama berjalan, rombongan Mekarbaru bertemu dengan peserta kirab dari Kecamatan Gunung Kaler yang sudah menunggu. Proses serah terima bendera kirab pun dilangsungkan.

Camat Mekarbaru TB Anjar Azizi DMS menyatakan kirab memiliki makna untuk membangkitkan semangat warganya dalam menyambut Porkab Tangerang IV. Dia merasa puas dengan respon masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. “Saya menilai respon masyarakat cukup bagus terhadap kirab ini,” ujar Anjar.

Kirab kemudian berlanjut di wilayah kecamatan Gunung Kaler. Masyarakat terhadap antuasian menyaksikan peerta kirab berjalan kaki di jalanan desa seperti di Desa Cijeruk. Para pelajar juga bersemangat menunggu kehadiran peserta kirab untuk memberikan dukungan. Support para pelajar di Gunung Kaler berasal dari sejumlah sekolah yang dilewati rute kirab.

Salah satunya dari yayasan pendidikan Nurul Huda yang mengerahkan hampir seluruh siswanya untuk turun ke jalan menyemangati peserta kirab dari Gunung Kaler.

Dari Gunung Kaler, bendera kirab menuju ke Kecamatan Kresek. Camat Kresek CR Inton tak mau kalah meriah. Dia menyediakan tenda dan panggung di salah satu sekolah yang terletak di perbatasan kedua kecamatan untuk menyambut tamu dari Gunung Kaler.

Setelah serah terima bendera, rombongan kirab Kecamatan Kresek kemudian berjalan sejauh satu kilometer menuju kantor Camat Kresek. Di sepanjang jalan, rombongan kirab dielu-elukan masyarakat. Ratusan pelajar tampak menyambut rombongan dengan antusias.

Tiba di kantor camat Kresek, rombongan menaiki kendaraan roda 4 dan roda 2 untuk berkonvoi menuju perbatasan Kresek dan Sukamulya. Di sana telah menunggu peserta kirab dari kecamatan Sukamulya.

Serah terima bendera pun dilakukan. Setelah itu, giliran rombongan Sukamulya yang bergerak. Mereka berjalan menuju pasar Sukamulya. Dari sana, mereka menaiki kendaraan roda empat menuju Balaraja. Rombongan kemudian melakukan serah terima bendera kirab di kantor kecamatan Balaraja.

Camat Sukamulya, Bangbang Misbahudin menilai kirab berhasil menggemakan Porkab IV di tengah masyarakat. Masyarakat, kata Bambang, antusias menyambut kirab. “Selanjutnya kami akan fokus untuk menghadapi porkab. Kami mengikuti 11 cabang olahraga dan kami harap dapat menembus minimal 10 besar porkab,”pungkasnya.

Kirab selanjutnya bergerak dari Balaraja menuju Jayanti. Dari kecamatan tersebut, bendera kirab dibawa ke Kecamatan Cisoka untuk diinapkan. Kirab akan kembali dilakukan pada etape keempat, Selasa (26/9) mendatang. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here