Home TANGERANG HUB Pamulang Siapkan Barongsai dan Pengantin Betawi

Pamulang Siapkan Barongsai dan Pengantin Betawi

0
SHARE

PAMULANG-Pelaksaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VIII tingkat Kota Tangsel bakal digelar Senin (25/9) mendatang. Dalam pawai yaaruf ajang tahunan ini, setiap kecamatan bakal menampilkan keunggulannya masing-masing. Kecamatan Pamulang, salah satunya. Di ajang yang bakal digelar di Kecamatan Serpong ini, Pamulang tengah mempersiapkan qori dan qoriah beserta penampilan apa yang akan ditunjukkan saat pawai taaruf berlangsung.

Juara bertahan pada MTQ VII tingkat Kota Tangsel ini, sudah beberapa minggu lalu mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam MTQ. Camat Pamulang Deden Juardi mengatakan, persiapan utama yang dialakukan adalah menggelar MTQ tingkat Kecamatan Pamulang. “Setelah berakhirnya MTQ tingkat kecamatan, kita memperoleh qori dan qoriah yang akan mewakili kecamatan Pamulang ke MTQ tingkat kota,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (22/9).

Deden menambahkan, qori dan qoriah yang akan mewakili kecamatan Pamulang juga dilatih oleh LPTQ tingkat kecamatan Pamulang. Setelah pagelaran MTQ tingkat kecamatan, mereka sedikitnya sudah dilatih tiga kali. “Qori dan qoriah kita latih terus sampai pelaksaan tingkat kota,” tambahnya.

Menurut Deden, pada pelaksanaan MTQ tingkat Kota Tangsel dan khususnya saat pawai taaruf, kecamatan Pamulang akan melibatkan lebih dari 500 peserta. Mereka berasal dari pegawai kelurahan, PGRI kecamatan, kader posyandu, BP4, DKM, IPHI. BKMT, majelis ta’lim. petani dan lainnya.

Yang menarik saat pawai taaruf, kecamatan Pamulang akan menampilkan paskibraka, paramuka, drum band, pengantin Betawi menggunakan delman, penampilan barongsai dan sebagainya. “Barangsai berasal dari sangar seni di kelurahan Pondok Cabe Udik. Kita menampilkan Barongsai sebagai kesenian yang ada di kecamatan Pamulang,” tuturnya.

Masih menurut Deden, sebagai juara bertahan kecamatan Pamulang akan tampil pertama saat pawai taaruf. Mempertahan juara lebih susah daripada merebut namun, ia percaya berkat kerja keras dan kekompakan bersama tahun ini juara umum akan kembali didapat Pamulang. “Kecamatan lain berlomba menjadi juara tapi, Kecamatan Pamulang hanya perlu mempertahankan saja,” tutupnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here