Home TANGERANG HUB Panwascam Harus Melek Teknologi

Panwascam Harus Melek Teknologi

0
SHARE

 

TANGERANG – Sebanyak 24 calon Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) mengikuti tes wawancara, Kamis (19/10). Para peserta tes hari terakhir ini berasal dari Kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung dan Periuk.

Setiap kecamatan diikuti 6 kontestan. Tiga orang komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang menjadi tim penguji. Masing-masing M Agus Muslim, Heri Handani dan Abdul Rosyid.

“Kami menggelar tes wawancara selama 3 hari. Sejak 17 Oktober lalu. Hari ini (kemarin-red), merupakan hari terakhir pelaksanaan wawancara,” terang Agus. Pada hari pertama tambah Agus, calon dari 5 kecamatan telah diuji.

Masing-masing berasal dari Kecamatan Larangan, Ciledug, Karang Tengah, Pinang dan Cipondoh. Sedangkan hari kedua berasal dari Kecamatan Neglasari, Benda, Batuceper dan Tangerang.

Materi yang dipertanyakan kata Agus, sesuai dengan arahan dan standar yang telah dibuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Pertanyaan seputar kapasitas dan wawasan calon. Kemudian integritas, komitmen serta pengetahuan lokal kandidat, turut kami pertanyakan,” ujarnya.

Soal yang dilontarkan, dimaksudkan untuk menggali potensi diri yang ada pada calon. Seputar kemampuan dan keahlian. “Kami mencari peserta yang memiliki kelebihan di bidang informasi dan teknologi (IT). Untuk mempermudah proses pengawasan,” katanya.

Pelaksanaan pengawasan yang terjadi saat ini, sudah berorientasi pada teknologi. Walau masih ada penggunaan sistem manual. “Minimal calon mampu mengoperasikan komputer, membuat dan mengirim  email dan surat elektronik lainnya,” terang Agus.

Bila seorang panwascam sama sekali tidak menguasai teknologi, maka akan sangat sulit untuk memberi laporan dan informasi yang cepat. “Pada setiap kecamatan, akan ditetapkan 3 orang. Untuk mengisi 3 divisi, masing-masing bidang SDM dan organisasi, hukum dan penindakan pelanggaran (HPP) dan pengawasan hubungan antarlembaga (PHL).

Sigit Wicaksono peserta asal Kecamatan Periuk mengakui, bila beberapa pertanyaan yang dilontarkan penguji dirasa cukup rumit. “Sebagian pertanyaan tentang pemilu. Bagusnya saya sudah mempersiapkan diri,” kata Sigit penuh optimis lolos seleksi. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here