Home BISNIS Paperun Kampanyekan Gemar Membaca

Paperun Kampanyekan Gemar Membaca

0
SHARE

TANGERANG- Asia Pulp & Paper (APP) Sinarmas menyelenggarkan Paperun, Charity Fun Run 5K di QBIG BSD, Minggu (22/10). Kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia  serta menghadirkan tantangan seru bagi para peserta. Managing Director Sinarmas, G. Sulistyanto menyampikan, Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara dalam tingkat literasi. “Dapat kita simpulkan bahwa minat baca di negara ini masih sangat kurang. Padahal, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan tapi mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya,” kata Sulistyanto.

Sebanyak 1.200 peserta yang telah mendaftar diajak berlari sejauh 5 kilometer dalam Paperun. Meskipun jarak tempuh tidak terlalu jauh, namun para peserta mendapatkan beberapa kejutan di sepanjang rute, antralain rintangan seru yang harus dilewati peserta untuk menuju garis finish. “Melalui kegiatan ini, kami harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat. Khusunya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah  dan ingin mengajak peserta mendonasikan buku, baik baru maupun bekas di acara ini,” ujar Sulistyantio.

Seluruh biaya pendaftaran peserta Paperun akan didonasikan untuk pengembangan lirterasi melalui pembelian buku bacaan yang akan disalurkan ke rumah baca diberbagai daerah yang masih membutuhkan bahan bacaan. Dengan jumlah total donasi yang terkumpul lebih dari Rp 120 juta.

Sementara itu, salah satu peserta, Nuni (41) mengatakan, kegiatan berlari ini sambil mengampanyekan kesadaran baca dan tulis sangat mendidik. Nuni merupakan salah satu peserta dengan tampilan busana yang mencuri perhatian. Dirinya berhasil mengambil perhatian banyak orang dan panitia dengan tampil mencolok menggunakan kostum burung merak. Sebagian tersusun dari koran bekas lengkap yang dihiasi bulu.

Untuk memeriahkan rangkaian acara Paperun diadakan instagram photo contest, salah satunya melalui stand wishing wall. Dimana peserta diminta menuangkan idenya terkait pengembangan literasi pada secarik kertas yang ditempel di dinding khusus, serta diberikan pengghargaan untuk best costume di penghujung acara. (mg-7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here