Home BISNIS Sulap Drum Bekas Jadi Kursi

Sulap Drum Bekas Jadi Kursi

0
SHARE

TANGSEL-Di tangan orang kreatif, drum bekas bekas disulap menjadi barang bernilai. Limbah drum didaur ulang menjadi sebuah kursi dan meja. Selain itu, drum bekas ini juga bisa disulap menjadi tong sampah dengan tampilan menarik. Dari hasil kreasi bahan bekas ini bisa menghasilkan omset jutaan rupiah.

Pengolahan daur ulang drum ini merupakan ide kreatif Syahrul (34), pemuda warga Setu, Kota Tangerang Selatan. Dirinya mendapati banyak drum bekas di wilayah kampungnya yang berbatasan dengan kawasan pergudang Tekno, BSD. Dirinya menyayangkan drum  tersebut hanya menumpuk, dan sebagian hanya dijadikan tempat sampah. Bahkan, karena barang  bekas ini menjadikan daerah itu jadi kumuh. Hingga kemudian pemuda ini mencoba berkreasi dengan menjadikan drum bekas ini berupa kursi dan meja dengan bendera usaha “Tongku”. “Kursi dan meja dari drum bekas tersebut biasa digunakan di Cafe atau di ruang tunggu perkantoran. Awalnya dengan mengolah drum bekas kemudian kita pola pakai mesin selanjutnya dihaluskan dan dicat hingga tiga lapis sesuai dari pesanan konsumen,”terang Syahrul.

Dijelaskannya, dalam pembuatan satu set kursi dan meja Tongku, biasanya dirinya menghabiskan waktu selama dua minggu. Harga Tongku sendiri dibandrol mulai Rp 2 juta hingga Rp 2,7 juta. Tergantung dari spesifikasi dan tingkat kesulitan model. “Saya berharap, usaha UMKM ini bisa lebih berkembang seiring dengan meningkatnya persaingan, ketersediaan alat dan bahan baku yang tersedia,” ujarnya. Selain dibutuhkan tangan-tangan kreatif, pembuatan kursi dan meja dari drum bekas ini juga dibutuhkan kesabaran, karena harus melalui beberapa proses. Dari membersihkan drum dengan pembakaran, hingga pengecatan dasar, dan membentuk model. (mg-7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here