Home PENDIDIKAN SDN Pekayon 3 Tampilkan Seni Siswa

SDN Pekayon 3 Tampilkan Seni Siswa

0
SHARE
PENTAS SENI: Kepala SDN Pekayon 3, Kecamatan Sukadiri Mimin Karmila (tengah), bersama siswanya usai kegiatan pentas kenaikan dan pelepasan siswa. FOTO: Deden/Tangerang Ekspres

SUKADIRI – Membanggakan guru dan orangtua, tidak selalu lewat prestasi akademik. Seperti penampilan seni yang dipertunjukan siswa-siswi SDN Pekayon 3, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang saat acara perpisahan siswa kelas VI.

Mereka menampilkan banyak pertunjukan seni, mulai dari menyanyi hingga menari, tradisional maupun modern. Semua ditampilkan saat kegiatan di atas panggung besar, dan ditonton seluruh warga sekolah yang digelar di lapangan SDN Pekayon 3.

Kemeriahan kegiatan dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala SDN Pekayon 3 Mimin Karmila, yang didampingi Komite SDN Pekayon 3 H. Coro. Pada sambutannya, Cokro sangat mengapresiasi kegiatan pentas seni yang rutin digelar siswa SDN Pekayon 3 saat kenaikan kelas dan perpisahan siswa-siswi tersebut.

“Seni mampu membuat orang senang dan damai. Penyelenggaraannya sangat pas sekali. Di mana, saat anak-anak dari masa peralihan liburan ke sekolah, dengan kegiatan ini, bisa kembali membakar semangat siswa untuk aktif sekolah,” tutur Cokro, dengan penuh semangat.

Usai sambutan komite sekolah, giliran siswa kelas bawah unjuk gigi, kelompok demi kelompok. Decak kagum dan rasa bangga pun tampak dari ekspresi guru-guru maupun siswa lainnya yang menonton. Bahkan orangtua yang hadir merasa terhibur.

Seperti yang diungkapkan Kepala SDN Pekayon 3 Mimin Karmila. Terlebih pada pertunjukan seni tradisional. Karena, menurutnya, di tengah-tengah era modernisasi ini, masih banyak siswa yang menghargai budaya daerahnya masing-masing. “Dan itu adalah salah satu wujud dari pembentukan karakter siswa Indonesia yang mencintai budaya daerahnya, budaya Indonesia secara utuh,” bebernya.

Karena itu, Mimin menambahkan, kegiatan rutin ini sangat penting keberadaannya. Bukan hanya untuk meningkatkan bakat seni dan mengapresiasi kemampuan mereka, tetapi juga sebagai proses dari pembelajaran hidup yang lengkap.

“Siswa diberikan tanggungjawab untuk belajar tampil di hadapan umum, meski dengan perasaaan malu, namun seluruh siswa kami berhasil menampilkan kesenian di hadapan umum,” katanya.

Diakui Mimin, kegiatan ini bermanfaat bagi siswa untuk melatih keberanian menampilkan bakat dan kemampuannya di hadapan umum. “Lalu melatih kerja sama, menyelesaikan masalah bersama, karena mereka tampil dalam sebuah kelompok,” terang Mimin. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here