Home TANGERANG HUB Bapenda Akan Luncurkan Aplikasi iPBB

Bapenda Akan Luncurkan Aplikasi iPBB

0
SHARE
BAYAR PAJAK: Salah seorang wajib pajak mendatangi kantor pajak unutk membayar kewajiban membayar pajak. FOTO: Net

TIGARAKSA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, membuat inovasi baru untuk mempermudah akses masyarakat atau wajib pajak, dalam mendapatkan pelayanan terkait kewajibannya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Terobosan berbasis elektronik yang diberi nama iPBB atau Sistem Aplikasi Informasi Tagihan PBB Kabupaten Tangerang, diyakini dapat membantu para wajib pajak dalam menunaikan kewajiban membayar pajak tanpa meninggalkan aktivitas rutinnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pajak Daerah Wilayah I Tigaraksa Asta Rangga Jiwo mengatakan, pihaknya meyakini dengan diluncurkannya aplikasi iPBB ini pelayanan akan lebih mudah dan cepat.

Dimana, wajib pajak hanya melakukan pengecekan data dan memasukkan Nomor Obyek Pajak (NOP), melalui ponsel atau komputer dengan menggunakan aplikasi tersebut.

“Aplikasi iPBB ini sangat efektif dan efisien. Bagi para wajib pajak cukup mengunduh aplikasi iPBB melalui google play store, atau scan IT (barcode) di gadgetnya, setelah itu akan muncul iPBB dan wajib pajak tinggal memasukkan NOP pada kolom iPBB, maka akan diketahui informasi tentang tagihan PBB nya,” ungkap Angga, sapaan karibnya, Selasa (9/10).

Sementara itu, salah seorang warga Cikupa, Kabupaten Tangerang, Budi Nugroho, menyambut konsep Pemerintah Kabupaten Tangerang yang akan meluncurkan program iPBB untuk mempermudah bagi pelayanan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Kata Budi, saat ini Pemkab harus terus melakukan inovasi demi memberikan pelayanan terbaik, apalagi untuk pembayaran pajak. Diakui karyawan perusahaan pabrik sepatu di Balaraja ini, masyarakat enggan membayar pajak karena jauh dan harus mengantri.

Dengan adanya kemudahan membayar pajak dengan menggunakan teknologi, maka wajib pajak bisa mebayar pajak hanya duduk manis di rumah. Sehingga tidak menyita waktu kerja wajib pajak.

“Kita inikan orang pekerja, biasanya libur hanya hari Minggu saja. Masa waktu libur yang kita miliki harus digunakan mengantri untuk membayar pajak, jika menggunakan iPBB bisa lebih mudah,” terang Budi.

Ia sangat mengapreasiasi atas kebijakan yang diambil Pemkab Tangerang. Ia pun berharap, program yang diluncurkan harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai program sudah diluncurkan, tapi teknologi maupun sumber daya manusia yang dimiliki Pemkab Tangerang tidak mampu mendukungnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here