Home TANGERANG HUB Pemkab Akan Bangun Gedung Diorama

Pemkab Akan Bangun Gedung Diorama

1
SHARE
DISKUSI: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang, FOTO: Diskominfo Kab. Tangerang for Tangerang Ekspres

Tigaraksa – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang, menggagas pembangunan musium diorama yang akan dibangun di Kabupaten Tangerang, Selasa (9/10).

Yusrizal, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang mengungkapkan, keinginannya sejak lama untuk membangun sebuah gedung dengan konsep yang baru, tentunya tidak membosankan serta yang paling penting gedung tersebut bisa memuat segala sesuatu tentang sejarah Tangerang, dan seluruh sejarah yang menyertainya. Karena ini penting untuk identitas dearah Kabupaten Tangerang yang memiliki banyak sejarah.

Berangkat dari hal tersebut, Yusrizal menambahkan, dinas yang dikomandoinya telah membuat konsep untuk membangun sebuah gedung Diorama Modern, yang bisa menggambarkan seluruh sejarah Kabupaten Tangerang secara detail. Ia berharap proses pembangunannya akan terselenggara pada 2019, apabila tidak ada hambatan.

“Hari ini kita mengadakan Fokus Grup Diskusi untuk mematangkan kebali konsep dan terutama konten dari sejarah itu sendiri, karena jangan sampai ada sejarah wilayah Kabupaten Tangerang yang salah maka dari itu perlu pematangan dan diskusi,” ujar Yusrizal.

Menurut Yusrizal, diorama pada masa modern digunakan untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya dari landskap keadaan sejarah, kejadian alam, dan keadaan kota untuk kebutuhan pendidikan atau pertunjukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyied mengatakan, sangat bangga jika kedepannya Kabupaten Tangerang akan mempunyai Gedung Diorama Sejarah Kabupaten Tangerang.

Selain untuk mengenang para pahlawan Kabupaten Tangerang, gedung ini juga bermanfaat untuk pembelajaran generasi milineal untuk lebih menghargai para pahlawannya.

“Saya berharap gedung ini bisa menampung masyarakat Tangerang yang ingin melihan diorama sejarah Kabupaten Tangerang. Saya juga menginginkan ada ruangan khusus untuk menerima kunjungan kerja kabupaten/kota lain, agar mereka bisa melihat langsung sejarah Kabupaten Tangerang dan produk UMKM lokal asli Tangerang tersedia untuk menarik minat,” tegas Sekda.

Maesyal Rasyied memiliki keyakinan, jika gedung Diorama ini bisa membawa masyarakat Kabupaten Tangerang lebih mengetahui bagaimana sejarah Kabupaten Tangerang itu terjadi, serta menjadikan masyarakat Kabupaten Tangerang untuk lebih menghargai para pahlawannya.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, jadi kita dorong jika generasi muda untuk mengetahui sejarah tersebut. Gedung Diorama Kabupaten Tangerang tersebut yang akan menyediakan semua data tersebut, jadi masyarakat tidak akan kesulitan untuk mencari data sejarah Kabupaten Tangerang,” tegas  Maesyal Rasyied. (mas)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here