Home TANGERANG HUB Alat Penyiram Tanaman Berbasis Android

Alat Penyiram Tanaman Berbasis Android

0
SHARE
PAMERAN: Alat penyiram tanaman berbasis android dipamerkan dalam suatu acara pameran disalah satu tempat, beberapa waktu lalu. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SUKAMULYA – Di era globalisasi dibutuhkan sesuatu yang memudahkan, sederhana, cepat dan tepat guna. Dengan demikian, Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang menerapkan sistem android dalam alat penyiraman tanaman.

Tosim, Ketua Posyantek Kecamatan Sukamulya mengatakan, banyak warga masih melakukan penyiraman tanaman secara manual. Tentu, cara klasik ini tidak dapat membantu masyarakat dalam  merawat tanaman dengan melakukan penyiraman secara periodik.

“Atas dasar itu, kami menerapkan sistem android untuk menyiram  tanaman secara otomatis berdasarkan jadwal kondisi lahan, melalui sistem yang diatur ke peralatan penyiraman,” kata Tosim, kemarin.

Ia mengungkapkan penyiraman tanaman secara manual menyebabkan pemilik tanaman tidak bisa meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, masyarakat juga akan dipersoalkan dengan kesibukan sehari-hari dalam melakuan perawatan tanaman. “Jadi, kalau sudah begitu tanaman bisa kekurangan air,” ujarnya.

Dengan alat penyiraman berbasis android, sambungnya, alat ini bermanfaat bagi warga  yang sering bepergian jauh dan tidak sempat menyiram tanaman secara rutin.

Menurutnya, melalui alat penyiraman berbasis android, masyarakat bisa menentukan jadwal penyiraman dan intensitas air sesuai keperluan bahkan ketika terjadi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Bagian-bagian dari alat penyiram tanaman berbasis android, ia memaparkan ada mikro kontroler yang berfungsi menyimpan, mengeksekusi program dan menyimpan data jadwal. Lalu, bluetooth modul yang menghubungkan alat dengan aplikasi android.

Kemudian, Real Time Clock (RTC) sebagai jam dan kalender. Selanjutnya, sensor kelembapan tanah dan penyemprot, seperti pompa motor, selang air, tiang dan pervo atau penggerak.

“Cara kerja alat ini, pengguna hanya menginput jadwal penyiraman melalui aplikasi android. Semuanya akan berjalan otomatis. Bahkan, ketika handphone sudah dalam keadaan mati atau lowbat,” tukasnya. (mg-2/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here