Home TANGERANG HUB Pegawai Dukcapil Dikirm ke Sulbar

Pegawai Dukcapil Dikirm ke Sulbar

1
SHARE
REKAM KIA: Kepala Disdukcapil Dedi Budiawan melihat proses perekaman KIA, di mobil pelayanan. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Dua petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel dikirim ke lima provinsi Indonesia bagian Timur untuk melaksanakan Gotong Royong Perekaman KTP-el Nusantara.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Buadiawan mengatakan, dua petugas dari Dukcapil akan bergabung dengan petugas lain dari Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan dan Dirjen Dafduk Kemendagri.
“Mereka akan bertugas selama 14 hari dan melibatkan 160 orang dan diberangkatkan, Minggu (20/1) siang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (20/1).

Budiawan menambahkan, Gotong Royong Perekaman KTP-el Nusantara akan dilakukan di lima provinsi di Indonesia Timur, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Timur, dan Sulawesi Barat. Untuk dua pegawai dari Disdukcapil Kota Tangsel sendiri dikirik ke provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Satu kota/kabupaten jumlah timnya ada 4 orang dan semua biaya ditanggung Kementerian Dalam Negeri.

“Arahan Pak Sekjen dengan gerakan ini sekitar 5 juta yang belum terekam bisa diminimalitir. Berdasarkan catatan Kemendagri, dari Indinesia Timur presentasi perekaman KTP-el sangat rendah dan terutama di Papua Barat,” tambahnya.

Masih menurutnya, diharapkan dengan gerakan tersebut, provinsi yang masih rendah tersebut dan khususnya di Papua Barat yang baru 35 persen bisa mencapai di atas 90 persen. Tangsel diminta menjadi bagian gotong royong tersebut menurut Budiawan lantaran menjadi bagian dari Banten dan 6 provinsi yang presentasinya sudah sangat tinggi.

“Di sinilah Dirjen Dukcapil memberikan tugas kepada 6 provinsi untuk membantu 6 provinsi yang cakupan perekaman masih rendah,” jelasnya.

Menurutnya, gotong royong tersebut bagus dan itu menjadi pengalaman oparator Dukcapiil Tangsel bertugas di wilayah lain. Petugas operator Dukcapil Tangsel dari Kecamatan Pondok Aren mendapat tugas di Mamasa, Sulawesi Barat.

“Namanya gotong royong tenttu tujuannya membantu yang lagi kesulitan, baik waktu, alat dan lainnya. Untuk itulah kita ditugaskan dan targetnya di atas 90 persen. Rombongan dilepas di kantor Dirjen Dukcapil di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (20/1).

“Yang melepas rombongan pak Sekjen, Zudan Arif Fakrullah,” tuturnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here