Home TANGERANG HUB Harga Cabai dan Bawang Putih Meroket

Harga Cabai dan Bawang Putih Meroket

0
SHARE

CIPUTAT-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel memastikan pasokan bahan pokok selama Ramadan aman. Namun, pada hari kedua puasa telah terjadi kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar.

Kepala Disperindag Kota Tangsel Maya Mardiana mengatakan, stok bahan pangan di pasar-pasar di Tangsel aman. Namun, saat ini tercatat ada kenaikan harga bawang putih, cabe rawit mengalami kenaikan tapi, beberapa juga masih stabil,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (7/5).

Maya menambahkan, Disperindag telah berkordinasi dengan Bulog dan instansi terkait lain guna menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pasokan bahan pokok selama puasa. “Kita sudah berkordinasi dengan Bulog, nanti akan ada operasi pasar, bazar pasar murah dengan Bulog dan Polres,” tambahnya.

Masih menurutnya, untuk menekan harga bahan pangan dipasar, Disperindag juga akan menggelar pazar Ramadan yang akan dilakukan 22 Mei di 7 kecamatan. Nantinya akan ada 9 komunitas dan sekarang Disperindah sedang mencari stake holder dan perusahaan untuk ikut berpartisipasi. “Yang pasti harganya di bawah harga pasar,” jelasnya.

Pantauan di Pasar Cimanggis Ciputat, sejumlah bahan pangan seperti bawang putih, cabe rawit, dan telur ayam mengalami lonjakan harga hingga 25 persen. Penjual di Pasar Cimanggis Ciputat, Agus mengatakan, harga bahan pangan ada yang naik, ada yang masih stabil.

“Yang naik bawang putih biasanya seperempat kg Rp 10 ribu sekarang jadi Rp 13 ribu, kalau cabe rawit biasanya seperempat kg Rp 8 ribu sekarang jadi Rp 12 ribu,” ujarnya.

Agus menambahkan, kenaikan harga kedua komoditas tersebut sudah terbiasa, lantaran menjelang dan awal bulan Ramadan. “Pembeli juga sudah memaklumi dan mengerti atas kenaikan ini,” tambahnya.

Sementara itu, dari pantauan di Pasar Serpong, terdapat beberapa harga yang naik secara signifikan mencapai 30 sampai 50 persen. Diantaranya terjadi pada harga bawang putih, cabe rawit dan telur ayam. Sedangkan harga komoditas bahan pokok lainnya seperti bawang merah, beras, minyak goreng dan lainnya masih relatif stabil.

Penjual sembako di Pasar Serpong Nurlela mengatakan, kenaikan harga yang paling besar terjadi pada harga bawang putih dan cabe rawit. Bawang putih yang naik, sebelumnya hanya Rp10 ribu, sekarang menjadi Rp13 ribu seperempat kg.

“Selain ini harga cabe rawit juga naik, sebelumnya Rp 8 ribu menjadi Rp12 ribu seperempat kg,” singkatnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here