Home TANGERANG HUB RSCM Paling Banyak Minta Darah

RSCM Paling Banyak Minta Darah

0
SHARE
DONOR : Dalam rangka hari donor darah sedunia, warga Kota Tangerang berdatangan untuk mendonorkan darah di markas besar PMI Kota Tangerang, Jumat (14/6). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pasca libur Idul Fitri, masyarakat Kota Tangerang kembali melakukan donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

Sebelumnya, para pendonor mengalami penurunan pada saat bulan ramadan. Bahkan PMI Kota Tangerang melakukan upaya dengan sistem jemput bola untuk mempertahankan stock darah agar tidak berkurang.

Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, pasca libur Idul Fitri para pendonor mulai berdatangan walaupun belum seramai hari biasa. Tetapi bisa membantu untuk mempertahankan stock darah di PMI Kota Tangerang.

“Selama ramadan memang ada penurunan pendonor, bahkan kita melakukan sistem jemput bola ke pusat perbelanjaan, masjid, dan juga beberapa kecamatan di Kota Tangerang untuk bisa tetap menjaga stock darah,”ujarnya.

Ade menambahkan, PMI Kota Tangerang hampir setiap hari menerima permintaan darah. Biasnya rumah sakit besar, seperti RSUD Kota Tangerang, RSUD Kabupaten Tangerang dan seluruh rumah sakit se- Banten.

“Kita hampir setiap hari mengeluarkan 100 kantong darah untuk dikirim ke rumah sakit besar yang ada di Kota Tangerang dan juga Banten. Apalagi permintaannya rutin setiap hari, makanya kita juga melakukan donor darah di pusat keramaian untuk mengajak masyarakat melakukan donor darah,”paparanya.

Ade menjelakan, untuk permintaan paling banyak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Mereka kalau minta hampir 250 sampai dengan 500 kantong darah. Tetapi biasanya PMI Kota Tangerang hanya bisa memberikan sekitar 250 saja karena masih banyak yang membutuhkan bantuan darah.

“Untuk RSCM memang dia paling banyak permintaannya. Kita tidak bisa menyanggupinya karena harus dibagi-bagi kepada masyarakat yang membutuhkan darah dari PMI. Kami juga selalu melakukan koordinasi kepada RSCM jika memang stock darah kurang,”ungkapnya.

Untuk paling jauh, Kata Ade, wilayah Sukabumi yang juga sering meminta stock darah di PMI Kota Tangerang. Biasanya untuk wilayah Sukabumi mereka datang seminggu sekali ke PMI Kota Tangerang untuk mengambil stock darah.

“Untuk Sukabumi hampir seluruh rumah sakitnya meminta kepada kita. Untuk mengambil darahnya mereka datang ke PMI, tetapi seperti RSCM dan rumah sakit yang masih terjangkau akan kita antar,” tuturnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here