Home PENDIDIKAN Sekolah Mandiri Balaraja, MPLS Fokus Pendidikan Karakter

Sekolah Mandiri Balaraja, MPLS Fokus Pendidikan Karakter

0
SHARE

BALARAJA – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Mandiri Balaraja fokus kepada pendidikan karakter. Sekolah yang beralamat di Jalan Raya Kresek, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang ini benar-benar mempersiapkan MPLS yang memiliki edukasi.

Ketua Yayasan Pendidikan Mandiri (Yaspendri) 79 Kuspriyanto engatakan, MPLS di sekolahnya sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Dinas Pendidikan Banten. Materi yang diberikan kepada siswa baru lebih fokus pada pendidikan karakter.

“Materi yang sudah diberikan ke kita baik itu menyangkut penguatan pendidikan karakter yang wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif dan sebagainya,” ungkap Kuspriyanto, saat mendampingi siswa baru SMA Mandiri Balaraja dan SMK Mandiri Balaraja, kemarin.

Selain pembekalan kepada pendidikan karakter, ada pengarahan dari Polisi maupun BNN tentang keamanan lingkungan, bahaya narkoba dan sebagainya. Tujuannya, agar siswa baru mengetahui bahaya narkoba maupun keamanan lingkungan sekolah.

“Jadi bagaimana anak mengenal tentang hal-hal yang seperti itu. Ini perlu saya kira supaya anak merasa lebih aman, nyaman dan lebih paham tentang masalah-masalah seperti itu,” ungkap Kuspriyanto.

Kegiatan MPLS dimulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kegiatan diawali dengan apel upacara yang pertama dan kemudian diikuti agenda lainnya sesuai dengan jadwal. Namun untuk pelaksanaan MPLS SMA Mandiri Balaraja dilaksanakan selama empat hari. Sedangkan MPLS SMK Mandiri Balaraja dilaksanakan tiga hari. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing unit sekolah.

“Ada beberapa materi yang diberikan selama beberapa hari. Kita menyajikan MPLS yang memberikan edukasi kepada siswa baru. MPLS yang akan membentuk karakter siswa. Tentunya tidak ada kekerasan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Mandiri Balaraja Romdani memaparkan, kegiatan MPLS langsung didampingi oleh guru sebagai pemateri. Guru memberikan penjelasan baik terkait lingkungan sekolah baru, struktur sekolah, maupun memberikan materi tentang pendidikan karakter bagi siswa baru.

“Mendidik karakter anak yang baik menjadi salah satu tujuan kami, tentunya selain menghasilkan siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” tegas Romdani. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here