Home TANGERANG HUB September Dewan Baru Mulai Bekerja, Disiapkan Baju Dinas

September Dewan Baru Mulai Bekerja, Disiapkan Baju Dinas

0
SHARE

SERPONG-Anggota DPRD terpilih segera dilantik. Ada yang akhir Agustus dan awal September. DPRD Kota Tangerang sudah mendapatkan jadwal pelantikan 2 September. DPRD Kota Tangsel 23 Agustus. DPRD Kabupaten Tangerang belum ada kepastian. Para wakil rakyat ini juga sudah disiapkan baju dinas.

Sekretaris DPRD Kota Tangsel Chaerul Soleh mengatakan untuk pelantikan 50 anggota DPRD Kota Tangsel periode 2019-2024 dijadwalkan 23 Agustus mendatang. Pelantikan dilakukan di Kantor DPRD Kota Tangsel. “Setelah dilantik anggota DPRD ini bertanggung jawab atas proses legislasi di Kota Tangsel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (14/8). Chaerul menambahkan, Sekwan sedang menyiapkan prosesi pelantikan. Persiapan dimulai dari menyebar undangan sampai menentukan pakaian untuk dikenakan anggota dewan baru.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan pelantikan dewan baru,” tambahnya. Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pemkot sudah menerima berkas penetapan anggota dewan dari KPU Kota Tangsel. Kemudian pemkot mengirimkan ke Gubernur Banten minta pengesahan. Benyamin menambahkan, yang menentukan tanggal pelantikan adalah sekretariat dewan bersama KPU Kota Tangsel. Pemkot sifatnya hanya menunggu saja dan hubungannya hanya koordinasi teknis terkait proses upacaranya saja. Pelantikan, teknisnya di KPU dan dewan, serta yang akan melantik adalah Gubernur Banten. “Setelah saya ngobrol dengan ketua dewan, diputuskan pelantikan dijadwalkan 23 Agustus mendatang,” tambahnya.

WAJAH BARU: Sebagian anggota DPRD Kota Tangsel akan diisi wajah baru yang akan dilantik pada 23 Agustus mendatang. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

Sementara itu, DPRD Kota Tangerang dijadwalkan pelantikan 2 September. “Agustus ini dewan lama mendapatkan gaji terakhir,” kata Sekretaris DPRD Kota Tangerang, Agus Sudrajat, Selasa (6/8). Agus menjelaskan, pengambilan sumpah jabatan untuk dewan baru dijadwalkan pada 2 September mendatang. Jadwal tersebut dimajukan karena tanggal 31 Agustus jatuh pada hari Sabtu. Sekretariat mengubah jadwalnya menjadi 2 September.

Persiapan untuk menyambut dewan baru juga telah disiapkan. Nantinya akan ada pengambilan sumpah yang digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa. Agus mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan masa aktif dewan periode lama yang jatuh pada 31 Agustus yang jatuh pada hari Sabtu. Tetapi dikarenakan 31 Agustus hari Sabtu maka diundur sampai 2 September yakni jatuh pada hari Senin. Agus menambahkan, penyambutan dewan baru tidak ada yang istimewa dan akan dilakukan seperti tahun lalu. Karena memang tidak ada yang spesial untuk menyambut dewan baru, selain itu penyambutan dewan baru hanya sebatas seremonial.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang, Akmaludin Nugraha, belum mendapat informasi kepastian waktu pelantikan anggota dewan terpilih. “Nunggu kejelasan dari gubernur. Belum ada kejelasan. Karena mungkin, hari ini (kemarin) suratnya baru masuk ke Pemprov Banten,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu malam (14/8).

Akmal baru mendapat informasi perkiraan waktu pelantikan. Namun, jadwal tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tergantung dari keputusan Gubernur Banten. “Cuman diperkirakan 19 hingga 22 Agustus. Keinginan kemarin saat rapat penetapan dewan terpilih. Akan tetapi jelasnya ada di Setwan dan KPU,” jelas manta Anggota Komisi IV yang kembali terpilih.

Sementara, Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang, Wily Patria mengungkapkan, pelantikan anggota dewan terpilih masih menunggu diterbitkan Surat Keputusan (SK) dari Pemprov Banten. “Masih menunggu proses penerbitan SK dari Gubernur. Berkas sudah masuk biro pemerintahan provinsi. Suratnya baru Selasa pagi kemarin dikirimnya. Kita menginginkan pekan ini selesai SK, rencananya 19 Agutus bisa pelantikan,” tukasnya. (bud/mg-9/mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here