Home TANGERANG HUB Cegah Osteoporosis dengan Senam

Cegah Osteoporosis dengan Senam

0
SHARE

PAMULANG-Untuk meningkatkan kesehatan lansia di Kota Tangsel, Dinas Sosial menghadakan lomba senam lansia di Halaman Kecamatan Pamulang, Rabu (4/9). Senam lansia dilakukan untuk mencegah osteoporosis pada lansia.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Tangsel Syariffudin mengatakan, lomba senam lansia diikuti oleh 150 orang. Dengan senam diharapkan mampu meningkatkan kesehatan lansia di Kota Tangsel. “Pasalnya, hampir 80 persen wanita di Indonesia terkena osteoporosis karena wanita memiliki hormonal, khususnya bagi yang sudah monopos,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (4/0).

Syarifuddin menambahkan, lomba senam ini juga sekaligus gerakan mensosialisasikan hidup sehat, lewat senam buat lansia di Kota Tangsel. Termasuk memperingati hari Lansia ke 23 Tingkat Kota Tangsel. Selain lomba senam, Dinsos juga memberikan penghargaan kepala tiga lansia, yakni berusia 65 tahun, 75 tahun dan 115 tahun.

Selain lomba senam lansia, penyelenggara acara juga menyisipkan game-game menarik bagi peserta senam lansia untuk memeriahkan acara dimaksud. Selain itu, game-game tersebut bertujuan agar para peserta saling mengenal antar sesama.

Lomba senam bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan kelenturan, karena pada dasarnya ketiga hal itu sudah mulai sulit dilakukan oleh tubuh yang telah menginjak usia senja.

“Harapannya Pemkot dapat mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan terhadap usia lanjut atau lansia,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, berdasarkan kriteria PBB usia sampai 60 tahun masih disebut usia muda atau pemuda atau pemudi, di atas 60 tahun baru disebut lansia.

“Pemkot memerlukan kehadiran lansia dalam kerangka untuk terus membangun sumber daya manusia (SDM) di Kota Tangsel dan yang paling pasti dalam peningkatan SDM adalah lansia harus memberi contoh pada generasi mendatang,” ujarnya.

Pak Ben menambahkan, lansia diharap menjadi guru bagi masyarakat, dengan pengalaman yang dimiliki bisa menjadi guru yang baik. “Salah satu wadah kegiatan lansia adalah pokja lansia, tujuannya ada lansia terus memiliki kegiatan positif. Lansia mandiri, sehajtera dan bermartabat,” tambahnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here