Home TANGERANG HUB Efek Harkopda Harus Dongkrak UKM

Efek Harkopda Harus Dongkrak UKM

0
SHARE

PAMULANG-Mulai kemarin hingga tiga hari ke depan, Kota Tangsel menggelar hajatan koperasi. Yakni, Peringatan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke-72, di Pamulang. Event ini, ditarget menjadi penopang ekonomi bagi kegiatan usaha kecil menengah (UKM).

Hal ini, diungkapkan Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangsel, Dahlia Nadeak, di acara pembukaan Harkopda ke-72 di Pamulang.

Ia mengatakan, di Kota Tangsel saat ini terdapat 539 koperasi namun, yang aktif hanya 400 koperasi. Artinya ada 139 koperasi tidak sehat atau tidak aktif, sedangkan total anggota koperasi mencapai 59.800 orang. Sedangkan UKM di Kota Tangsel jumlahnya 33.875.

UKM di Kota Tangsel memiliki omzet mulai Rp500 ribu sampai Rp 5 juta per hari. Sehingga ada perputaran uang di pelaku UMKM Rp 6,6 miliar per hari. “Penyerapan tenaga UMKM mencapai 6.600 tenaga kerja dan ini harus dijaga agar bisa bersaing dan terus eksis di pasar nasional dan global,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Tangsel Dudung E. Diredja menyambut baik digelarnya Harkopda tersebut. Ke depan perkoperasian akan menjadi landasan utama dari ekonomi kerakyatan.

“Dekopinda selalu menantang untuk menjawab indikator dari keberhasilan. Indikatornya adalah capaian tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya Rp 5,2 miliar dan tahun ini mencapai Rp 5,6 miliar,” ujarnya.

“Dinkop dan Dekopinda harus kerja bareng karena dengann keterbatasan yang ada tidak akan mampu Pemkot membangun sendiri kopersi dan UMKM,” tambahnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here