Home TANGERANG HUB Job Fair Didominasi Pencaker Lokal

Job Fair Didominasi Pencaker Lokal

0
SHARE
PENUTUPAN: Wakil Bupati Tangerang mad Romli (kelima dari kiri) bersama jajaran Forkopimda dan perwakilan perusahaan berfoto bersama usai penutupan Job Fair 2019 di Lapangan Bugel Kecamatan Tigaraksa, Kamis (26/9). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Sebanyak 11.756 para pencari kerja terdaftar sebagai peserta bursa lowongan tenaga kerja atau job fair. Sebanyak 14.084 orang peserta memiliki kartu tanda penduduk (KTP) asal Kabupaten Tangerang. Pameran lowongan kerja tersebut diselenggarakan Pemkab Tangerang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) pada 24 hingga 26 September.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan, perusahaan yang sudah menerima surat lamaran agar segera melakukan proses seleksi. Sehingga adanya kepastian dan keseriusan dari perusahaan terhadap penerimaan lowongan kerja.

Sedangkan, perusahaan yang menjadi peserta diharapkan komitmen dan independen dalam melakukan proses seleksi penerimaan lowongan kerja. Serta, mendahulukan para pencari kerja di job fair dalam untuk mengisi kekosongan pekerjaan yang diinginkan perusahaan.

“Data yang sudah masuk menjadi peserta job fair sebanyak 20.737 orang. Tentu, jumlah tersebut menjadi prestasi sekaligus tanggungjawab untuk pemerintah untuk lebih giat mengurangi pengangguran,” kata pria yang akrab disapa Ombing usai menutup acara job fair di Lapangan Bugel Tigaraksa, Kamis (26/9).

Kata Mad Romli, pencari kerja yang mendaftar di job fair didominasi pekerja dengen jenjang SMA/Sederajat sebanyak 9.411 orang. Kemudian, disusul 1.602 orang pekerja dengan pendidikan Starta 1 (S-1) dari berbagai perguruan tinggi.

“Saya apresiasi kepada semua pihak yang sudah memberikan kontribusi atas suksenya penyelenggaraan job fair. Nanti, kita akan memonitor sebarapa banyak tenaga kerja yang terserap dari burs lowongan kerja ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Jarnaji mengatakan, perusahaan yang menjadi peserta para bursi lowongan kerja diawajibkan melaporkan hasil penerimaan. Sehingga, keikutsertaan perusahaan termonitor untuk setiap penerimaan.

“Kita tidak main-main. Semua perusahaan yang menjadi peserta ini mencari tenaga kerja dan di pameran ini tempat pertemuan keduanya. Jadi kita akan memonitor jumlah yang diterima dan berapa perusahaan yang benar-benar komitmen,” ujarnya.

Menurutnya, para pencari kerja yang sudah terdaftar menjadi peserta masih didominasi tenaga kerja lokal yang berasal dari Kabupaten Tangerang. Karenanya, perusahaan diajak untuk bersama-sama melakukan langkah nyata dalam pengentasan pengangguran.

“Untuk tenaga kerja yang berasal dari luar Kabupaten Tangerang sebanyak 6.656 orang atau sekira 30 persen dari jumlah peserta. Semua kita tetap tampung dan kita akan evaluasi penerimaannya sampai enam bulan kedepan. Kita berharap perusahaan komitmen dalam hal penerimaan pegawai,” jelasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here