Home TANGERANG HUB Warga Minta DLHK Umumkan Hasil Uji Lab

Warga Minta DLHK Umumkan Hasil Uji Lab

0
SHARE
DIALOG: Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik (tengah) saat berbincang dengan pimpinan Ponpes Nurul Hikmah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kemarin. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PASAR KEMIS – Sejumlah warga Kecamatan Pasar Kemis, meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang segera mengumumkan hasil uji lab air dan udara yang telah dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nurul Hikmah di Kampung Bugel, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis. Pasalnya, sudah hampir sebulan hasil lab belum diumumkan.

Warga Kampung Bugel, Rival Ansori mengatakan, petugas DLHK Kabupaten Tangerang sudah mengambil sampel air dan udara di likungan YPI Nurul Hikmah pasca keracunan belasan siswa SMPIT Nurul Hikmah. Namun, hasil uji lab itu belum diumumkan ke masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Pasar Kemis.

“Hasil uji lab air dan udara di lingkungan YPI Nurul Hikmah tak kunjung keluar (diumumkan-red). Kenapa ya,” kata Rival, aktivis Himpunan Mahasiswa Tangerang (Himata), Rabu (2/10).

Menurut Rival, dengan belum diumumkan hasil uji lab air dan udara itu dikhwatirkan menjadi dugaan negatif di masyarakat terhadap DLHK Kabupaten Tangerang. Untuk itu, Rival berharap, DLHK Kabupaten Tangerang segera mengumumkan hasil uji lab tersebut. “Karena apapun hasilnya, masyarakat berhak tahu,” ungkapnya.

Senada disampaikan Agus, warga Kampung Bugel mengaku, saat Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik, yang ikut turun dengan petugas DLHK Kabupaten Tangerang untuk mengambil sampel air dan udara, meyebutkan bahwa hasil uji lab air dan udara akan keluar 10 hari kerja.

“Tapi kenapa sekarang belum diumumkan. Sebab jika dihitung dari pengambilan sampel air dan udara sudah melebih 10 hari jam kerja,” kata Ketua RT 01 Kampung Bugel, Desa Pangadegan ini.

Agus menambahkan, penting bagi warga untuk mengetahui hasil uji lab air dan udara tersebut, agar kedepan tidak terulang kembali ada siswa atau warga yang keracunan. Untuk itu, warga Kampung Bugel meminta DLHK Kabupaten Tangerang segera mengumumkan hasil uji lab. “Selama ini, warga masih positive thingking (berpikiran baik red), kepada DLHK. Namun jika tidak diumumkan. Jangan salahkan warga jika berpikiran kurang baik,” tutupnya.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik, belum bisa memastikan hasil uji lab air dan udara dilingkungan YPI Nurul Hikmah bisa diumumkan. “Kamis, saya kabarin ya,” singkat Taufik, tanpa meyebutkan tanggalnya ketika dikonfrmasi melalui telepon.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium pada DLHK Kabupaten Tangerang, Diah Marlina mengatakan, pihaknya sudah mendaptkan hasil uji sample air di lingkungan YPI Nurul Hikmah. Namun demikian, ia tidak bisa memberikan data uji sample air itu karena akan diumumkan oleh Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, berbarengan hasil uji sample udara.

“Kami hanya bisa uji sample air saja. Sementara uji sample udara dilakukan diluar karena keterbatasan alat. Nantinya, akan diumumkan oleh pak kadis, bersamaan dengan hasil uji udara,” katanya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here