Home BANTEN Ada Seni Ekobrik di Kemanisan

Ada Seni Ekobrik di Kemanisan

0
SHARE

TIRTAYASA – Upaya pemanfaatan kembali, sekaligus pengurangan limbah plastik mulai dilakukan warga Kampung Kemanisan, Desa Kebuyutan, Kecamatan Tirtayasa. Dengan teknik ekobrik, warga mengubah botol-botol plastik dan limbah plastik lainnya menjadi barang bernilai ekonomi.

Ketua Karang Taruna Desa Kebuyutan Faturohman menjelaskan, saat ini, seni ekobrik sedang ditekuni oleh warga desanya. Seni pemanfaatan limbah plastik itu ditularkan oleh relawan sebuah organisasi pecinta lingkungan dari Jakarta. Relawan itu mengedukasi warga Kebuyutan, termasuk warga Kemanisan, tentang cara pemanfaatan kembali (reuse) dan pengurangan (reduce) limbah plastik.

Sesuai arahan relawan, warga memotong limbah plastik menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian, memasukkan dan menekannya dengan kayu ke dalam botol plastik hingga padat dan botol plastik menjadi keras. Jika dipadatkan dengan baik, botol plastik akan menjadi kuat dan mampu menopang beban berat.

“Kemudian, dijadikan kaki-kaki meja dan kursi. Ekobrik juga memanfaatkan sampah plastik untuk dibuat aksesori lainnya,” kata Faturohman saat ditemui Banten Raya TV (grup Radar Banten), Selasa (22/10).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here