Home TANGERANG HUB Bantuan Mudahkan Usaha Kecil Berkembang

Bantuan Mudahkan Usaha Kecil Berkembang

0
SHARE
NGELAS: Toha sedang membuat pagar di tempat usaha lasnya, di Kampung Paridan, RT 15/05, Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang , Kamis (24/10). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

GUNUNG KALER — Menjalankan usaha bisa dikatakan mudah-mudah susah. Susahnya, mulai dari soal permodalan hingga pemasaran. Beruntung beberapa tahun ini, pemerintah desa sampai pemerintah pusat giat memberikan bantuan modal kepada badan usaha desa, kelompok usaha sampai individu.

Biasanya, bantuan modal diberikan berwujud perlengkapan barang-barang usaha, mulai dari perlengkapan usaha tani sampai usaha bengkel. Toha Bin Madarki, adalah pemilik usaha bengkel las di Kampung Paridan, RT 15/05, Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler, yang pernah menerima bantuan perlengkapan alat bengkel las.

“Dulu sebelum nerima peralatan bengkel las, saya hanya punya satu alat las dan mesin jenset. Tentu itu boros di bahan bakar. Dan waktu itu terkadang menemui kesulitan untuk bekerja karena tidak memiliki perlengkapan alat penunjang,” dikisahkan ayah empat anak ini, kepada Tangerang Ekspres, Kamis (24/10).

Beberapa tahun lalu kata Toha, dia menerima bantuan modal berupa perlengkapan alat bengkel las diantaranya, mesin gerinda, mesin bor, mesin trapo las dan kunci-kunci lengkap. Sehingga perlengkapan alat bengkel las tersebut dapat memudahkan dirinya bekerja.

“Kalau alat-alatnya lengkap, maka bekerjapun menjadi semakin mudah, gampang, cepat dan membantu sekali,” kata Toha, sekaligus menyebutkan bantuan diberikan dari Pemerintah Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler.

Toha bersyukur sekarang sering menerima pekerjaan yang dapat dikerjakan setiap hari. Omzet sehari dari usaha lasnya kata Toha, mulai Rp100 ribu sampai Rp300 Ribu. Diluar itu lanjut Toha, dia menerima jasa pembuatan pagar, kanopi dan tralis jendela. “Nah, kalau ada orderan itu lumayan buat tambahan penghasilan,” ucapnya.

Toha berharap, pemerintah tidak bosan memberikan bantuan modal usaha berwujud perlengkapan alat usaha kepada warga. Sebab, dengan bantuan modal dapat membantu warga sebagai pemilik usaha untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Di luar itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Sidoko, Muhamad Gozin mengatakan, pihaknya pernah memberikan bantuan alat usaha tani seperti mesin traktor. Kedepan kata Gozin, pihaknya akan bermusyawarah dahulu untuk memberikan bantuan alat usaha kembali.

“Tahun ini, kami mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) bidang pemberdayaan, untuk kegiatan peternakan bebek ,” pungkasnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here