Home BANTEN Bintang Sains Kecamatan Wanasalam: Anak Nelayan Jadi Finalis

Bintang Sains Kecamatan Wanasalam: Anak Nelayan Jadi Finalis

0
SHARE

ANAK nelayan di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Shahia Usva menjadi finalis yang akan mewakili Kecamatan Wanasalam pada Bintang Sains 2019 tingkat Kabupaten Lebak.

Shahia, peserta asal SDN 1 Muara tampil gemilang dengan menjadi sepuluh finalis dalam kompetisi yang melombakan mata pelajaran matematika dan sains yang digelar di gedung PGRI Malingping, Kamis (24/10). Bintang Sains 2019 di Kecamatan Wanasalam diikuti sebanyak 196 peserta dari 31 SD.

Shahia Usva, anak seorang nelayan bersama kedua guru pendamping.

Kompetisi yang memperebutkan hadiah study tour ke luar negeri dan Piala Bupati Lebak ini berlangsung seru dan menegangkan. Ratusan peserta umumnya berguguran pada soal matematika. Panitia sudah mendapatkan sepuluh finalis hanya dengan soal matematika.

Alhamdulilah bisa masuk sepuluh besar Bintang Sains Kecamatan Wanasalam. Sama sekali enggak menyangka walaupun soal-soalnya tidak begitu sulit. Harus konsentrasi dan fokus karena banyak soal jebakan,” kata Shahia Usva, anak seorang nelayan.

Walaupun berasal dari keluarga sederhana, kata dia, soal pelajaran dan kompetisi belajar ia tak mau kalah, apalagi minder. Sebelum mengikuti ajang itu, ia giat belajar. “Saya tak merasa puas. Saya akan semakin giat belajar untuk menghadapi grand final tingkat kabupaten yang soalnya akan jauh lebih sulit. Saya ingin membuat orangtua bangga,” ujarnya.

Kepala SDN 1 Cisarap Yusuf bangga karena tiga orang siswanya masuk sepuluh finalis Bintang Sains 2019 tingkat Kecamatan Wanasalam.  Pada babak final tingkat kabupaten akan jauh lebih kompetitif dan soalnya lebih sulit, ia akan mempersiapkan tiga anak didiknya dengan bimbingan belajar khusus untuk menambah pengetahuan soal matematika dan sains.

“Saya optimistis anak didik kami berprestasi di tingkat kabupaten,” katanya. (nce/aas/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here