Home BANTEN Razia Operasi Zebra Kalimaya, Pelanggar Kebanyakan Tak Miliki SIM

Razia Operasi Zebra Kalimaya, Pelanggar Kebanyakan Tak Miliki SIM

0
SHARE
TILANG: Petugas Polres Serang Kota menilang pengendara yang melanggar peraturan lalulintas saat razia Operasi Zebra Kalimaya di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Kemang, Kota Serang, Kamis (24/10). FOTO: Ahmad Fikram Adidikata/Banten Ekspres

SERANG-Sebanyak 75 pengendara kendaraan bermotor terjaring razia Operasi Zebra Kalimaya yang dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) Serang Kota di ruang Jalan Jenderal Sudirman, Kemang, Kota Serang, Kamis (24/10). Razia itu dilakukan pada hari kedua operasi yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kanit Patroli Polres Serang Kota, IPDA Ade Komarudin mengatakan dari 75 pelanggar yang ditilang itu, kebanyakan karena tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Dari 75 (pelanggar) yang kami tilang, secara garis besar pelanggaran dari pengendara yang tidak memiliki SIM,” katanya kepada Banten Ekspres saat ditemui Banten Ekspres saat razia dalam Operasi Zebra Kalimaya, Kamis (24/10).

Menurut dia, pelanggaran juga terjadi karena Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pengendara sudah kedaluwarsa dan tidak memiliki STNK.

“Ada juga pelanggaran yang tidak memakai sabuk pengaman (safety belt),” katanya.

Selain itu, kata Ade, pihaknya juga menindak pengendara yang bermasalah plat nomor kendaraannya, yakni plat nomornya tidak sesuai dengan peruntukannya. Untuk pelanggar yang melawan arus, pihaknya belum menemukan dikarenakan Jalan Jenderal Sudirman hanya satu arah.

“Mungkin ada yang melawan arus di lokasi lain tetapi kalo (kalau) di sini belum ada,” katanya.

Ia juga menjelaskan pihaknya mencari pengendara yang melawan arus di beberapa titik untuk melakukan penindakan.

Ia pun mengimbau kepada pengendara untuk menyiapkan perlengkapan sebelum melakukan perjalanan, yakni dengan menyiapkan SIM, STNK, dan menggunakan sabuk pengaman.

“Upayakan selain berhati-hati dalam berkendara dan tidak melakukan pelanggaran berlalulintas. Kita punya rumus yang namanya kecelakaan pasti diawali oleh pelanggaran,” katanya.

Sementara itu, salah satu pengendara yang melakukan pelanggaran mengatakan bahwa dirinya terjaring Operasi Zebra Kalimaya pada saat akan menjemput anaknya. Ia pun tidak mengetahui jika ada Operasi Zebra Kalimaya yang dilakukan oleh Polres Serang Kota.

“Saya lupa memakai sabuk pengaman, ingatnya ketika saya melihat ada razia, tetapi sudah tidak sempat memasang dan mau putar balik juga tidak bisa,” kata seorang pelanggar yang tidak mau disebutkan namanya. (mg-06/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here