Home TANGERANG HUB Tidak Layak Pakai, Kantor Desa Onyam Direhab

Tidak Layak Pakai, Kantor Desa Onyam Direhab

0
SHARE
REHAB: Kepala Desa Onyam Bustonil Arifin (kedua dari kiri) berfoto bersama perangkat desa di depan gedung kantor Desa Onyam, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, yang sedang direhab, Rabu (23/10). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

GUNUNG KALER — Pemerintahan Desa Onyam, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang rehab gedung kantor desa. Awal kantor desa dibangun pada 1999. Sebelum direhab, kondisi bangunan kantor desa sudah tua dan rapuh. Rehab kantor desa salah satu kegiatan memanfaatkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) tahun anggaran 2019.

Kantor desa dibangun di atas lahan seluas kisaran 256 meter persegi. Pada waktu itu, ukuran bangunan ini dibangun berukuran panjang 16 meter dan lebar tujuh meter. Setelah direhab, kantor desa memiliki ukuran panjang 16 meter dengan lebar sembilan meter. Selain itu, kondisi dinding, kusen, rangka atap dan genteng-pun sudah lebih baik dari sebelumnya.

Bustonil Arifin, Kepala Desa (Kades) Onyam mengatakan, semetara waktu pihaknya bekerja sekaligus memberikan pelayanan administrasi kependudukan di kantor desa yang sementara, di samping rumahnya. “Ini untuk sementara saja, kedepan kami dan masyarakat akan memiliki gedung kantor desa yang semakin bagus dari kondisi sebelumnya,” kata pria yang akrab disapa Bustomi, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (23/10).

Nanti di kantor desa kata Bustomi, tersedia ruangan-ruangan diantaranya, ruangan kerja kepala desa, ruangan pelayanan administrasi terpadu desa, ruangan badan permusyawaratan desa (BPD), lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dan aula.

Bustomi menuturkan, sebelum direhab kondisi gedung kantor desa sudah tua, rapuh dan memprihatinkan. Sebab menurutnya, sudah banyak dinding gedung yang terkelupas, kusen-kusen termakan rayap dan plafon rusak akibat genteng bocor. “Artinya tidak layak pakai. Tapi, Alhamdulillah, kami akan segera menempati kantor desa yang jauh lebih baik setelah proses rehab tuntas,” ucapnya.

Di luar itu dipaparkan Bustomi, tahun ini pihaknya memiliki sejumlah kegiatan pembangunan meliputi, pembangunan jalan paving blok di tiga titik, pembangunan jalan rabat beton di lima titik, pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL) di enam titik dan pembangunan tempat mandi cuci kakus (MCK) di dua titik.

Bustomi bersyukur, tahap demi tahap realisasi pemanfaatan APBDesa Onyam di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik. “Semoga apa yang sudah kami kerjakan, dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Onyam,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here