Home BANTEN Parumasan Jadi Mudah Dikenali dan Ditemukan

Parumasan Jadi Mudah Dikenali dan Ditemukan

0
SHARE

BAROS – Penataan lingkungan RW 04, Kampung Parumasan, Desa Sidamukti, Kecamatan Baros, terus dilakukan. Pemerintah desa dan warga mengklaim penataan baru mencapai 70 persen dari kegiatan yang ditargetkan. Namun, sekarang, perkampungan itu mudah dikenali dan ditemukan.

Ada tulisan nama kampung berukuran besar di pinggir jalan masuk perkampungan tersebut. Letak Parumasan dekat dengan persawahan. Saluran irigasinya bersih, tanpa sampah plastik. Kondisi itu setelah warga kompak melakukan kerja bakti. Keindahan suasana kampung bertambah dengan tulisan ‘PARUMASAN’ berwarna biru berukuran besar. Tulisan nama kampung itu dibuat warga dari kayu lapis dan bambu. Letaknya tak jauh dari gapura.

Di tengah jalan perkampungan itu juga telah dihias dengan gambar tokoh-tokoh film kartun. Di antaranya, Naruto dan Doraemon. Meski warnanya sudah mulai memudar akibat air hujan, gambar tokoh-tokoh film kartun itu masih tetap terlihat bagus dan menarik. Di salah satu gang ber-paving block, menuju masjid dan pos ronda, sejauh 200 meter juga telah diwarnai lis warna-warni.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Sidamukti Saidan mengaku, pencapaian persiapan Parumasan mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 itu telah dilakukan warga sejak Agustus lalu. “Setelah bersihkan sampah, kita cat jalan kampung,” katanya kepada Radar Banten, Senin (28/10).

“Tahapnya tinggal penyempurnaan saja,” sambung Saidan.

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Baros Brigadir Polisi (Bripka) Hari Krisyono menambahkan, Parumasan bebas narkoba. Tiga bulan terakhir, tegasnya, tidak pernah terjadi kasus peredaran dan penggunaan narkoba. Serta, tindak pidana lainnya.

“Di sini, keamanannya bagus. Warga juga sudah punya kelompok sadar hukum,” ungkap Hari.

Kebersihan dan keamanan lingkungan Parumasan, menurut Hari, karena kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling)-nya aktif. Juga, karena warga selalu berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas terkait pembinaan masyarakat agar terus menjaga kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. “Warganya pada aktif siskamling, sudah dijadwal juga kok,” pungkasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here