Home BANTEN Warga Pabuaran Lebih Disiplin Kelola Sampah

Warga Pabuaran Lebih Disiplin Kelola Sampah

0
SHARE

CIOMAS – Kini, warga RW 04, Kampung Pabuaran, lebih rajin membersihkan halaman rumahnya. Perilaku warga mulai berubah. Lingkungan salah satu perkampungan di Desa Lebak, Kecamatan Ciomas, itu menjadi lebih bersih.

Perubahan itu, diakui Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Lebak Agus Munawar, terjadi sejak RW 04, Kampung Pabuaran, diikutkan Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Kedisiplinan warga mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungannya itu tumbuh secara perlahan.

“Meski tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh warga Kampung Pabuaran, tetapi setiap pagi dan sore, warga rajin membersihkan halaman dan lingkungannya. Sehingga, suasana kampung menjadi lebih asri,” kata Agus kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Senin (28/10).

Kegiatan kerja bakti di kampung ini, lanjut Agus, juga mulai rutin dilakukan warga Pabuaran. Penataan perkampungan tidak banyak dilakukan warga dan Pemerintah Desa Lebak. Alasannya, sedang disibukkan dengan tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan digelar pada  3 Novermber 2019.

“Meski warga sedang fokus di pilkades, yang terpenting kebersihan lingkungan Pabuaran tetap terjaga dengan baik. Warga pun secara perlahan mulai mengubah kebiasaannya dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan,” katanya.

Salah satu warga Pabuaran, Iwan, mengaku, senang dengan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Karena, warga menjadi rajin menjaga kebersihan halaman rumahnya.

Menurut Iwan, Pemerintah Desa Lebak masih punya pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Yakni, tempat pembuangan sampah di tiap RT. “Kita berharap, setiap RT memiliki tempat pembuangan sampah. Sehingga, kebiasaan membuang sampah di sungai pun bisa berkurang,” ungkapnya. (rio/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here