Home OLAHRAGA MotoGP 2019, Rekor Marquez di Musim Terbaik

MotoGP 2019, Rekor Marquez di Musim Terbaik

0
SHARE

PEBALAP Repsol Honda Marc Marquez memecahkan rekor jumlah poin dan podium terbanyak sepanjang MotoGP 2019. Raihan itu menjadi penegasan dominasi pebalap 26 tahun itu.

Baby Alien menutup musim 2019 dengan kemenangan di MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2019). Ia sukses mengasapi Fabio Quartararo yang memulai balapan di Sirkuit Ricardo Tormo dengan status pole position.

Hasil ini menjadi kemenangan ke-12 Marquez sepanjang MotoGP 2019. Dari 19 race yang diikuti, ia selalu finis di urutan pertama dan kedua, serta hanya satu kali gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Amerika.

Total Marquez meraup 420 poin dari 12 kali podium pertama dan 6 kali finis kedua. Pencapaiannya itu mematahkan rekor sebelumnya milik Jorge Lorenzo, yakni 383 poin selama musim MotoGP 2010, serta menjadi pebalap pertama sepanjang sejarah yang mampu meraih lebih dari 400 poin.

Marquez sebenarnya sudah mematahkan rekor Lorenzo tersebut saat finis kedua di seri MotoGP Malaysia, yakni dengan koleksi 395 poin. Rider tim Repsol Honda itu menggenapkannya menjadi 420 poin setelah kemenangan di Valencia.

Marquez juga memecahkan rekor sebagai pebalap yang paling banyak naik podium dalam satu musim. Marquez sukses meraih podium sepanjang 18 kali dari 19 race sepanjang MotoGP 2019.
Juara dunia delapan kali ini mengakui bila MotoGP 2019 menjadi musim terbaiknya. Marquez pun tidak tahu kapan lagi ia bisa menyamai raihan yang sama di balapan mendatang.

“Ini adalah musim terbaik dalam karier saya, dan saya tidak tahu apakah ini akan menjadi musim terbaik sepanjang karier saya. Tetapi jelas jumlah dan statistik berbicara,” kata Marquez dikutip dari Crash.

“Kami menunjukkan potensi kami tahun ini dan itu adalah musim yang sempurna, karena cukup sulit untuk dikembangkan,” ujarnya.

Sementara itu pebalap MotoGP tidak punya waktu lama untuk istirahat. Mereka akan kembali berkutat dengan motor dan sirkuit setelah seri penutup di Circuit Ricardo Tormo, Valencia Minggu (17/11). MotoGP menjadwalkan tes buat mereka mulai Selasa, hari ini.

Setiap tim akan kembali dipersenjatai dengan mesin baru untuk menyongsong musim 2020. Perubahan pembalap yang ambil bagian dalam tes mulai diumumkan. Salah satunya yakni Tech3 KTM. Test rider mereka Dani Pedrosa akan turun bersama Iker Lecuona rookie musim depan.

Dano bakal menggantikan peran Miguel Oliveira yang belum fit setelah menjalani operasi. “Ini akan menjadi sangat menarik, sekaligus sebuah kehormatan besar bisa bekerja sama dengan legenda seperti Dani,” kata manajer tim Tech3 Herve Poncharal sebagaimana dikutip Crash. Kolaborasi mantan pembalap MotoGP itu bersama Tech3 bakal diharapkan memberikan masukan terbaik buat tim.

Sedangkan Lecuona yang belum pernah mencoba motor MotoGP sebelum Jumat (15/11) sempat tampil menjanjikan ketika turun balapan di GP Valencia. Sayang, dia terjatuh dan motornya menghantam Johann Zarco pada lap ke-18 sekaligus membuatnya gagal finis. Kesempatan uji coba di Valencia diharapkan menambah pengalamannya bersama motor kelas premier.

Sementara itu, jagoan Yamaha Maverick Vinales yang mengakhiri musim 2019 di posisi ketiga berupaya bangkit dan membantu tim mempersiapkan motor terbaik. Misi utamanya bisa menyaingi Marc Marquez bersama RC213V. Salah satu prioritasnya memperbaiki performanya saat start balapan.

“Tentu saja, fokus utama kami saat memulai start. Kami akan melihatnya apakah bisa meningkat,” ujar Vinales terkait agenda tes di Valencia.

Sebelumnya, para pembalap ambil bagian dalam gala dinner FIM MotoGP Awards 2019 setelah race di Valencia. Tiga rider teratas MotoGP mendapatkan penghargaan. Yakni juara musim ini Marquez bersama peringkat kedua Andrea Dovizioso dan Vinales.

Sedangkan penghargaan unuk kelas Moto2 diberikan kepada Alex Marquez (Marc VDS). Lalu, di Moto3, ada Lorenzo Dalla Porta dari Leopard Racing. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here