Home TANGERANG HUB Zaki Ajak Kembangkan Tradisi NU

Zaki Ajak Kembangkan Tradisi NU

0
SHARE

TIGARAKSA – Mengenakan koko putih dibalut dengan jas dan berpeci hitam, serta menggunakan sarung Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, menghadiri hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke 94 tahun, Sabtu malam (½).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ponpes Nur Antika, Kampung Kadu, Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa, acara dikemas dengan istigosah dan tablig akbar. Warga nahdiyin, sebutan anggota NU, sudah memadati area ponpes sejak pagi hari. Puncak acara diisi doa bersama yang dipimpin pengasuh Ponpes Buntet Cirebon, Kyai Ayip Abdullah Abbas.

Zaki mengajak untuk terus merawat dan mengembangkan tradisi yang selama ini dikembangkan ulama Nahdlatul Ulama. “Pakaian boleh jadi batik, kopiyah hitam, tapi substansi salatnya tetap sama, diawali takbir dan diakhiri dengan salam,” terang Zaki.

Zaki berharap, organisasi NU menjadi kawah candradimuka atau pusat penggemblengan bagi kaum muda. Atau kini disebut kaum milenial yang sudah mengenal kecanggihan teknologi informasi sejak dini. Ia mengapresiasi kontribusi nyata organisasi di bidang keumatan khusunya pendidikan agama dan umum.

“Semoga dengan usia yang sangat matang ini terus mencetak generasi religius, cerdas, dan membangun daerah. Sehingga generasi muda kita mampu menjadi generasi yang mampu membawa umat kearah yang lebih baik,” katanya saat sambutan.

Zaki menilai, NU mampu beradaptasi dengan dinamika jaman tanpa menghilangkan prinsip dan nilai dasar NU. Ia meminta santri ponpes dapat melanjutkan estafet kepemimpinan baik di organisasi NU maupun di pemerintahan.

“Budaya maupun adat istiadat di Kabupaten Tangerang berakar dari NU. Saya berpesan kepada santri, pimpinan ponpes, alim ulama dan para kiai agar jangan sampai keluar dari tradisi dan adat istiadat yang sudah ada. Harus punya karakter kuat sebagai warga Nahdiyin dan kader NU,” tegasnya.

Ketua PCNU Kabupaten Tangerang, KH. Encep Subandi mengatakan, istigosah dan tabligh akbar dapat menjaga silaturahmi antar anggota sekaligus meningkatkan nilai spiritual. Ia menerangkan, kedepan akan ada Memorandum Of Understanding (MoU) bersama perusahaan properti. “Kerjasama dengan PT Sinar Maju Adiguna bertujuan menyediakan permukiman bagi warga Nahdiyin. Selain itu, akan dibangun sarana pendukung seperti rumah sakit dan pendidikan. Mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kita berdoa semoga dapat berjalan lancar,” jelasnya.

Ketua Lembaga Perkonomian NU Kabupaten Tangerang, Yumni Al Hilal, membenarkan akan rencana kerjasama dengan PT Sinar Maju Adiguna. Menurutnya, program ini sebagai bentuk tanggungjawab organisasi terhadap anggota.

“Iya betul, dalam waktu dekat. Kita juga akan menyelenggarakan seminar kewirausahaan bagi warga Nahdiyin. Semoga bisa cepat terlaksana dan bermanfaat bagi warga,” jelasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here