Home TANGERANG HUB RS Khusus Covid-19 Diresmikan, Ruangan Bertekanan Negatif, Virus Tak Menyebar

RS Khusus Covid-19 Diresmikan, Ruangan Bertekanan Negatif, Virus Tak Menyebar

0
SHARE
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengecek ruangan perawatan dan isolasi Rumah Sakit Aria Sentra Medika yang menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19, kemarin.

PAMULANG-Kota Tangsel punya rumah sakit khusus pasien Covid-19. Rumah Sakit Aria Sentra Medika yang sebelumnya rumah sakit umum, difungsikan sebagai rumah sakit khusus penanganan pasien Covid-19. Rumah sakit yang berada di Jalan Aria Putra D No.9, Kedaung, Pamulang ini, kemarin diresmikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Direktur RS Aria Sentra Medika Raharjo mengatakan ruangan keperawatan didesain dengan sistem tekanan ruangan negatif. Ini sesuai protokol rumah sakit yang menangani Covid-19. Tekanan ruangan negatif adalah sistem ruangan khusus isolasi untuk mencegah kontaminasi silang dari kamar ke kamar. Di dalam ruangan perawatan tekanan lebih rendah dari lingkungan sekitarnya. Ini memungkinkan udara mengalir ke ruang isolasi, tetapi tidak keluar dari ruangan. Teknik ini digunakan untuk mengisolasi pasien dengan penyakit menular melalui udara agar virusnya tidak menyebar ke mana-mana. “Dengan demikian aman, virus tidak menyebar ke mana-mana. Tidak menyebar keluar rumah sakit,” jelasnya.

Di dalam ruangan juga dipasang alat pemantau tekanan udara. “Saya berharap rumah sakit ini bisa memulihkan harapan hidup masyarakat. Rumah sakit ini masih ada kekurangan yakni radiologi dan Senin depan sudah siap menangani pasien Covid-19,” tambahnya. Masih menurutnya, Rumah Sakit Aria Sentra Medika siap menangani pasien rujukan dan bukan rujukan. Ini sudah disampaikan kepada pegawai yang menangani pasien.

Untuk sementara UGD rumah sakit buka mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB dan ke depan akan dilihat perkembangan kasus virus Corona yang ditangani seperti apa. Untuk layanan perawatan buka 24 jam, memiliki 14 tempat tidur untuk wanita, tiga tempat tidur anak-anak dan total ada 52 tempat tidur.
Di ruang ICU ada dua tempat tidur dengan alat ventilatornya.

“Untuk mendukung pelayanan kita juga memiliki dokter spesialis paru-paru dan dokter anastesi,” tuturnya. Peresmian dihadiri Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid, Dandim 0506 Tangerang Kolonel Wisnu Kurniawan dan Kajari Tangsel Nur Elina Sari.

Airin Rachmi Diany mengatakan, RS Aria Sentra Medika berbeda dengan rumah sakit lain. Yang membedakan, rumah sakit ini tidak memiliki poliklinik. Bila ada warga yang batuk atau pilek biasa, sebaiknya jangan ke rumah sakit itu. “Tapi, kalau ada gejala berpotensi terkena virus Corona, silakan datang ke sini. Kita ingin menjaga betul-betul kesehatan masyarakat. Jangan sampai datang sehat, justru pulang kena virus Corona,” ujarnya. Airin menambahkan, RS Aria Sentra Medika tetap didukung oleh 17 rumah sakit swasta yang ada di Kota Tangsel. Rumah sakit tersebut menerima pasien Covid-19.

“Di rumah sakit Aria Sentra Medika dari awal penanganan pasien ODP maupun PDP petugas sudah pakai APD. Mudah-mudahan ini salah satu cara menjaga kesehatan bagi tenaga-tenaga medis yang ada,” tambahnya. Ibu dua anak ini menuturkan, tidak ada yang tahu siapa saja yang akan kena Covid-19. Untuk itu, pemkot terus melakukan rapid test dan hasilnya ada tiga positif dan dengan sadar diri mau masuk ke Rumah Lawan Covid-19 untuk karantina mandiri. “Ini tentu saja untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here