Home TANGERANG HUB Modal Bantuan Pemkot, Kini Beromset Jutaan Rupiah

Modal Bantuan Pemkot, Kini Beromset Jutaan Rupiah

0
SHARE

Nasib orang tidak ada yang tahu. Terpenting punya kemauan dan semangat untuk berusaha. Seperti dialami Julaiha, pedagang soto betawi yang sudah beromset jutaan rupiah.

Kesuksesan ini berawal dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang didapatnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial. Julaiha mampu memanfaatkan bantuan tersebut dengan tepat. Ia beranikan diri membuka usaha Soto Betawi Mpo Leha di Jalan Beringin Raya Blok 27 No 26, Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Pertama kali dapat bantuan PKH itu 2018, waktu itu saya dan suami penghasilannya tidak menentu, anak juga lagi sekolah. Alhamdulillah, ada bantuan dari Pemkot saya gunakan untuk nambah-nambah modal usaha dan saya pun berhenti dari PKH,” ucapnya dilansir dari website tangerangkota.go.id.

Diceritakan, berawal dari membantu sang ibu berjualan soto betawi, Leha mengalami pasang surut usaha. Dimulai dari berjualan di sekitar rumah, hingga pindah ke jalan raya yang padat dilalui pengendara. Diakui, sekarang ini omset sudah mencapai puluhan juta setiap bulannya.

“Awal-awal jualannya di rumah, gang-gang gitu. Cuma saya berpikir kalau gini aja gak bisa maju, lalu saya nekat sewa ruko. Waktu itu harganya 25 juta perbulan, ya seiring berjalannya waktu sekarang saya bisa menyewa ruko dua dengan penghasilan Rp 5 juta sampai Rp 7 juta setiap harinya,” lanjut Leha.

Setelah melalui proses panjang, kini Leha keluar dari PKH Kecamatan Karawaci, dan dirinya sudah bisa membantu sesama di sekitar lingkungannya.

“Dulu memang saya menerima PKH dan usaha saya bisa maju seperti ini berkat bantuan PKH juga. Alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa sekolahin anak sampai universitas dan saya sudah tidak menerima PKH,” akunya.

Inovasi dan kreasi rasa pun tak pernah henti Leha lakukan. Hingga kini berbagai menu hadir di warung makan miliknya.

“Pasti harus ngikutin pasar, sekarang ada empat menu. Mulai dari Soto Betawi kuah susu dan bening, Soto Mie sama Sop Iga. Pokoknya semua sesuai selera,” katanya.

Pengunjung pun silih berganti berdatangan menikmati soto buatannya, salah satunya Zaenal.

“Ya bangga, kalau dengar cerita Bu Leha yang tadinya PKH kini bisa bangkit dan memiliki banyak karyawan. Memang rasa sotonya ini tidak ada tandingannya. Apalagi kelembutan daging dan rasa rempah-rempahnya yang kuat,” katanya.

Soto Betawi dan Sop Iga Mpok Leha juga bisa dinikmati melalui aplikasi pemesanan ojek online. Atau bisa juga mampir ke rumah makannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (kom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here