Home TANGERANG HUB 19 Ribu Warga Misterius

19 Ribu Warga Misterius

243
0
SHARE

SERPONG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangsel mencatat, sampai saat ini ada sekitar 19.000 warga yang belum memiliki KTP-el. Jumlah tersebut berdasarkan data konsolidasi bersih (DKB) per 30 Oktober 2020.

Kepala Dukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, ada 1.007.203 jiwa yang memiliki hak pilih pada Pilkada Kota Tangsel yang sudah berhak KTP-el.

“Jumlah ini berdasarkan data base, NIK yang tinggal di Kota Tangsel. Kalau data KPU itu berdasarkan pencocokan dan penelitian (coklit),” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (23/11).

Budiawan menambahkan, dari 1.007.203 jiwa yang belum melakukan perekaman atau memiliki KTP-el sekitar dua persen atau 19.000 jiwa. Uniknya, dat 19.000 jiwa ini ‘misterius’, sudah tidak berdomisili di Kota Tangsel. Namun, datanya masih tercatat di Dukcapil Kota Tangsel.

Jumlah tersebut menurut Budiawan ibarat sampah.

“Gak mungkin orang tidak perlu KTP-el, karena mau urus apa-apa pakai KTP-el. Misal kalau sudah dewasa buat KTP-el untuk kerja, buat SIM dan lainnya,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini dukcapil sedang koordinasi dengan pemerintah pusat agar data tersebut dihapus. Pasalnya, bila dikejar terus, namun orangnya tidak ada tentunya percuma saja. “Mau ngabisin gak bisa karena itu data sampah. Penerbitan NIK itu mulai 2013, bisa jadi orangnya sudah pindah, meninggal dunia dan lainnya,” jelasnya.

Budiawan menuturkan, sejak dirinya menjadi Kepala Dukcapil sampai saat ini jumlah 19.000 masih bertahan dan tidak berkurang. Meskipun sudah sering melakukan pengumuman dan jemput bola. Namun, orang yang bersangkutan tidak ada.

“Saya mengimbau masyarakat yang belum merekam atau membuat KTP-el agar segera mengurusnya. Banyak kemudahan yang kita tawarkan untuk mengurus KTP-el,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here