Home TANGERANG HUB Minimalisir Banjir, Pemkab Bakal Keruk Sungai

Minimalisir Banjir, Pemkab Bakal Keruk Sungai

0
SHARE
Minimalisir Banjir, Pemkab Bakal Keruk Sungai
Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar (kanan) meninjau sungai di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua dan memerintahkan untuk dilakukan normalisasi sebagai antisipasi banjir, Senin (23/11).

KELAPA DUA-Beberapa hari belakangan hujan turun dengan derasnya. Pemkab Tangerang bersiap diri. Sungai-sungai yang berpotensi menimbulkan banjir, akan dinormalisasi. Dengan cara dikeruk menggunakan alat berat, Karena sungai telah mengalami pendangkalan. Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar meninjau sungai berpotensi menyebabkan banjir di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Senin (23/11).

Zaki datang sekira pukul 12.30 WIB bersama Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Slamet Budi dan Camat Kelapa Dua Prima Saras Puspa.

Zaki mengatakan inspeksi mendadak bertujuan melihat potensi banjir di Kelurahan Bencongan. Ia menerangkan, hingga November curah hujan lokal relatif lebih tinggi dari sebelumnya. Padahal baru memasuki tahap awal musim hujan yang biasanya terjadi pada Desember.

“Kunjungan ke Bencongan Kecamatan Kelapa Dua untuk meninjau potensi kerawanan banjir. Jangan sampai nanti bisa menjadi masalah besar, apabila tidak bisa kita tangani sekarang. Di sini memang rawan terjadinya banjir tahunan. Serta bukan saja menyangkut wilayah Kabupaten Tangerang tetapi juga Kota Tangerang,” jelasnya kepada awak media, Senin (23/11).

Zaki menjelakskan, permasalahan sungai di Kurahan Bencongan akan ditangani DBMSDA.

Ia menuturkan, akan ada kegiatan normalisasi dengan alat berat yang dimiliki pemerintah daerah. Namun apabila tidak bisa menjangkau jauh maka akan dilaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dan TNI.

“Normalisasi sungai tentu penting untuk pencegahan banjir. Tentu ini akan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait untuk meminimalisir potensi banjir di sungai ini, yang secara langsung juga bersentuhan dengan Kota Tangerang,” jelasnya.

Sementara Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Slamet Budi mengatakan, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR). Terutama meminimalisir potensi banjir dikarenakan luapan sungai akibat pendangkalan dan curah hujan lokal yang tinggi.

“Sesuai dengan arahan pak bupati kita menangani untuk meminimalisir terjadinya banjir di Bencongan. Salah satunya dengan normalisasi maupun karya bakti bersamaTNI,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan upaya bersama antara pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa meminimalisir terjadinya banjir. Terutama yang diakibatkan curah hujan meningkat dan pendangkalan sungai maupun anak sungai. “Karena saat ini kita sudah memasuki musim penghujan dan harus mewaspadai musibah banjir. Kita yakin dan optimis dapat segera melakukan upaya normalisasi secara maksimal,” tutupnya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here