Home TANGERANG HUB Dinas Kesehatan Kota Tangerang Cegah Penularan HIV/AIDS

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Cegah Penularan HIV/AIDS

0
SHARE
PEMERIKSAAN: Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalkukan pemeriksaan HIV/AIDS secara gratis kepada warga di Puskesmas Karawaci Baru, Selasa (1/12).

KOTA TANGERANG – Untuk mengantisipasi penularan HIV/AIDS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bekerjasama dengan Puskesmas Karawaci Baru melakukan pemeriksaan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi mengatakan, kegiatan pendektesian dini terhadap orang berisiko dari HIV/AIDS untuk mencegah adanya penularan secara luas.

“Hari AIDS sedunia, tetapi kita bukan memperingati melainkan kita bisa mencapai target dan impian kita untuk bisa mengurangi adanya kasus baru dari HIV/AIDS di Kota Tangerang dari orang berisiko,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Puskesmas Karawaci Baru, Selasa (1/12).

Liza menambahkan, Dinkes akan terus melakukan pendeteksian dini agar bisa mencapai impian dan target untuk terus menekan adanya penularan dari orang berisiko. Karena orang berisiko saat ini bisa menulari ibu hami, ibu rumah tangga, dan juga masyarakat yang berusia dari 17 sampai 50 tahun.

“Sekarang ini, HIV/AIDS yang kita temukan sudah menularkan ke keluaraga. Biasanya salah satu keluarga tersebut adalah orang berisiko, maka itu ibu hamil dan ibu rumah tangga sangat mudah terinveksi dan itu harus dilakukan pencegahan,”paparnya.

Ia menjelaskan, trend HIV/AIDS saat ini dikarenakan adanya populasi Laki-Laki Suka Laki-Laki (LSL), sebelumnya orang yang terpapar karena sex bebas dan maju ke pengguna narkoba suntik secara bergantian. Untuk saat ini, bergeser ke LSL dan itu sudah ditemukan beberapa kali oleh Dinkes Kota Tangerang.

“Untuk orang yang berstatus berisiko untuk bisa memeriksakan dirinya ke puskesmas terdekat, tetapi saya ingatkan agar masyarakat juga bisa mensuportnya agar mereka mau sembuh,”ungkapnya.

Liza menuturkan, jika orang berisiko ini tidak mendapat suport atau terasingkan, mereka akan susah untuk disembuhkan dan kemungkinan mereka bisa dengan mudah menularkan ke masyarakat.

“Mereka jika ingin sembuh maka harus meminum obat, jangan membuat mereka terasingkan. Kalau mereka di rangkul maka permasalahan HIV/AIDS di Kota Tangerang dengan mudah terditeksi dan bisa langsung di obati,”tutupnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here